April 24, 2024

detektif.co.id

Relawan Digital TNI-Polri

Polsek Talang Padang Identifikasi Kebakaran Rumah di Gunung Alip

2 min read

Tanggamus – Polsek Talang Padang Polres Tanggamus telah melakukan identifikasi kebakaran sebuah rumah di Dusun Campang Pekon Kedaloman Kecamatan Gunung Alip yang terjadi kemarin Jumat, pukul 15.30 WIB.

Kapolsek Talang Padang, Iptu Bambang Sugiono, S.H mengatakan, korban yang rumahnya terbakar adalah Asep (45) warga RT 001 RW 007 Pekon Kedaloman, Gunung Alip.

Berdasarkan hasil identifikasi, rumah korban merupakan rumah papan bercampur gribik, terdapat meteran listrik dan berdasarkan keterangan saksi-saksi, diduga pemicu kebakaran adalah korsleting listrik.

“Hasil pemeriksana TKP dan keterangan saksi-saksi kebakaran diduga akibat korsleting listrik dari kabel bagian kanan rumah korban,” kata Iptu Bambang Sugiono mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra, S.I.K., Sabtu 26 Agustus 2023.

Ditegaskan Kapolsek, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, korban hanya mengalami kerugian bangunan rumah beserta isinya, sepeda motor honda supra dan surat-surat berharga yang tidak dapat diselamatkan.

“Atas kebakaran itu, korban mengalami kerugian material senilai Rp50 juta,” tegasnya.

Kapolsek menjelaskan, kronologis kejadian kebakaran awalnya diketahui anak korban bernama Erik (24) yang sedang tidur di kamar depan mendengar suara mencurikan.

Anak korba seketika bangun, melihat api sudah melalap bagian rumah sebalah kanan atas sehingga meminta bantuan warga setempat untuk melakukan pemadaman, namun api terus membesar sehingga tidak dapat dikendalikan.

“Pada saat terjadinya kebakaran, korban Asep sedang berada di sawah. Hanya ada putra sulungnya bernama Erik, ia pertama kali yang mengetahui rumahnya terbakar,” jelasnya.

Ditambahkan Kapolsek, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.30 WIb oleh Tim Damkar dengan dibantu warga setempat. Di lokasi juga petugas PLN datang membantu melakukan kabel listrik di rumah tersebut.

Untuk mencegah kejadian serupa, Kapolsek mengimbau masyarakat untuk selalu memeriksa intalasi di rumahnya masing-masing secara berkala.

“Kami imbau masyarakat agar memeriksa instalasi listrik secara berkala. Selain itu memeriksa kompor di dapur sehingga tidak terjadi kejadian serupa,” imbaunya. (*)

Kota Agung, 26 Agustus 2023
Kasi Humas Polres Tanggamus
Iptu M. Yusuf, S.H.
CP. 0813-7780-7622

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.