April 24, 2024

detektif.co.id

Relawan Digital TNI-Polri

Bupati Majalengka Dr.H Karna Sobahi M.M. Pd Membuka Secara Resmi Musabakoh Tilawatil Qur’an yang Ke 53

3 min read

Majalengka, Selasa, 19/09/2023 Detektif.co.Id

Dalam rangka penyelenggaraan Musabakoh Tilawatil Qur’an ( MTQ ) Ke-53 Tingkat Kabupaten Majalengka Tahun 2023, Bupati Majalengka secara resmi membuka kegiatan MTQ Ke-53 dimana penyelenggaraan tahun 2023 di diselenggarakan di Kecamatan Sindangwangi, pembukaan dilaksanakan di Lapangan Sepak bola Sindangwangi, Selasa (19/09/2023).

Dalam laporannya, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asda 1) selaku Ketua LPTQ Kab.Majalengka dan juga bertindak sebgai Ketua Umum kegiatan MTQ ke-53 Tingkat Kab. Majalengka tahun 2023, Rd. Muhammad Umar Ma’ruf, S.Sos., M.Si., mengatakan bahwa Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) merupakan bentuk syar islam dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sekaligus sebagai strategi pembangunan dalam meningkatkan mental spritual masyarakat yang pelaksanaannya tahun ini di Kecamatan Sindangwangi.

Adapun dasar penyelenggaraan kegiatan MTQ ke-53 tahun 2023 adalah berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nomor KP. 02.02.00 KEP.602 Kesra Tahun 2023 tanggal 27 Juni 2023 tentang Penetapan Kecamatan Sindangwangi sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan MTQ ke-53 tahun 2023, selain itu adapun maksud diselenggarakannya kegiatan MTQ adalah meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta partisipasi masyarakat dalam upaya mewujudkan Visi Misi Majalengka Raharja selain itu dengan tujuan meningkatkan pemahaman masyarakat dengan kandungan Al-Qur’an sebagai sumber inspirasi dan motivasi untuk membangun kualitas diri dan lingkungan yang tertib, aman, dan tentram dengan dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Lebih lanjut Umar Ma’rup menyampaikan, bahwa tema MTQ ke-53 tahun 2023 Tingkat Kab.Majalengka adalah “Aktualisasi Penanaman Nilai-nilai Al-Qur’an dalam merawat ukhuwah persatuan umat untuk melanjutkan Majalengka Raharja”. Dalam penyelenggaraan MTQ kali ini tidak hanya menyelenggarakan berbagai jenis perlombaan MTQ saja namun terdapat Pameran Produk Unggulan dari setiap Kecamatan dengan setiap Kecamatan menempati stand disekitar panggung kehormatan untuk menambah kemeriahan penyelenggaraan MTQ di Sindangwangi.

Sedangkan untuk peserta kegiatan MTQ berasal dari 26 Kafilah Kecamatan se-Kab.Majalengka sebanyak 352 orang yang akan bertanding dalam delapan (8) cabang yakni Cabang Tilawatil Qur’an, Cabang Qiroah Sab’ah, Cabang Karya Tulis Ilmiah Qur’an, Cabang Fahmil Qur’an (MFQ), Cabang MSQ, Cabang Khat, Cabang Hifhzil Qur’an, Cabang Syahr Qur’an, waktu penyelenggaraan dimulai dari tanggal 19 s/d 21 September Tahun 2023 dengan tempat pembukaan dan penutupan di Lapangan Sepak bola Kec.Sindangwangi sedangkan Dewan Hakim yang bertugas dalam penyelenggaraan MTQ kali ini berjumlah 80 orang dengan kualitas yang telah ditetapkan.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi,M.M.Pd., mengapresiasi gelaran MTQ ke-53 Tahun 2023 yang diselenggarakan di Kecamatan Sindangwangi, dengan tata letak tempat dan desain panggung kehormatan MTQ kali ini serasa ketika menghadiri penyelenggaraan MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat di Sumedang ketika itu.

“Untuk itu saya selaku Bupati Majalengka merasa bangga dan mengapresiasi atas kerja keras dan gotongroyong seluruh lapisan masyarakat Kec.Sindangwangi untuk bersama-sama mensukseskan gelaran MTQ Ke-53 Tahun 2023 tingkat Kab.Majalengka, saya kira selama periode 5 tahun penyelenggaraan MTQ semasa saya menjabat Bupati, penyelenggaraan MTQ kali ini yang terbaik,” Jelas Bupati.

“Saya berharap dengan penyelenggaraan MTQ ke-53 ini tidak hanya dapat melahirkan Qori/Qoriah dan Hafidz/Hafidzah terbaik, akan tetapi dalam ajang ini disamping untuk memantapkan kekuatan syar islam dalam membangun Majalengka Raharja tapi bagaimana penyelenggaraan MTQ ke-53 ini menjadikan Al-Qur’an sebagai energi berbagai kebutuhan dan tuntutan dalam kehidupan beragama, ekonomi dan sosial serta mencari berbagai solusi memecahkan berbagai persoalan dalam kehidupan”, ucap Bupati

Sebelum menutup sambutannya, Bupati berpesan, bagaimana Qori/Qoriah dinilai tidak hanya semata mendapatkan posisi dan mengejar gelar juara akan tetapi dengan penyelenggaraan MTQ ke-53 di Sindangwangi kali ini mampu menggali potensi dan bakat bibit unggul Qori/Qoriah sehingga tidak kehabisan stok dan terus meregenerasi disetiap tingkat kategori sehingga Majalengka mampu bersaing dalam event-event MTQ baik itu di level Provinsi maupun Nasional.

Setelah pembukaan diteruskan dengan meninjau stand pameran expo 2023 yang di ikuti stand dari 26 kecamatan dan pelaksanaan pawai ta ‘aruf.

( Dasuki Krisna,Detektif TNI POLRI /Diskominfo Majalengka )

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.