April 24, 2024

detektif.co.id

Relawan Digital TNI-Polri

Lestarikan Budaya Karuhun Seni Tridisi Mengedepankan Ke Aripan Lokal Ligung Agung Gebyar SAMPYONG

2 min read

 

Majalengka, Detektif.co.Id
16 – 10 – 2023

Sampyong merupakan salah satu seni pertunjukan tradisional masyarakat Majalengka. Nama sampyong berasal dari dua suku kata, yaitu “Sam” dan “Pyong”. Sam, yang berarti tiga, dan Pyong yang berarti pukulan. Nama tersebut diambil dari salah seorang penonton keturunan Cina yang secara tidak sengaja mengucapkan kata itu ketika ia tertarik dengan jumlah pukulan pertunjukan tersebut.

Menurut sejarah, pada tahun 1960, di daerah Cibodas, kecamatan Majalengka terdapat pemainan rakyat tradisional, dengan nama Ujungan (Sampyong yang dikenal saat ini). Permainan tersebut adalah permainan adu ketangkasan dan kekuatan, yaitu dimana pemain nya akan saling memukul. Terdiri dari dua orang pemain yang saling berhadapan, baik perempuan ataupun laki-laki, serta dipimpin oleh seorang wasit. Alat pemukulnya berupa rotan dengan panjang 60 cm, para pemain menggunakan pelindung kepala, yang disebut taregos atau balakutal, dan sasaran pukul nya tak terbatas.

Ujungan tersebut merupakan cikal bakal munculnya kesenian tradisional Sampyong yang dikenal saat ini, namun ada perubahan pada aturan mainnya, yang dahulu sasaran dan banyaknya pukulan tak terbatas, kini ada aturan tersendiri, dimana aturanya adalah:

• Pemain terdiri dari dua orang yang berhadapan, baik perempuan maupun laki-laki.
• Setiap pemain hanya diperbolehkan memukul sebanyak 3 kali pukulan.
• Sasaran pukulan hanya sebatas betis bagian belakang.
• Pemain ditentukan kelasnya berdasarkan usia, yaitu golongan tua, menengah, pemuda, dan anak-anak.

Sampyong biasanya dipertunjukan di acara hajatan, adu ketangkasan domba, festival budaya, dan karena merupakan kesenian tradisional asli Majalengka, maka Sampyong juga turut di pertontonkan di acara-acara besar di Majalengka.

Pertunjukan Sampyong juga akan segera hadir di acara Festival Ligung yang akan diadakan segera, jadi untuk masyarakat Majalengka terkhusus wilayah Utara Majalengka bisa menyaksikan pertunjukan Sampyong di alun-alun Ligung.

Narasumber : OckySandi/ MasBoy/ Abah Gery ( Forum Sawelasan )

Dasuki Krisna/ Detektif

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.