April 24, 2024

detektif.co.id

Relawan Digital TNI-Polri

Sesalkan Ahmad Dhani Diduga Kampanyekan Istri Saat Konser di Kota Tasikmalaya

2 min read

Tasikmalaya detektif.co.id–Konser Dewa 19 yang digelar di kawasan Lanud Wiriadinata Kota Tasikmalaya, akhir pekan lalu berekses politik.

Hal itu menyusul ucapan Ahmad Dhani yang dianggap mengkampanyekan istrinya Mulan Jameela yang merupakan bakal calon anggota DPR RI Gerindra untuk Dapil Tasikmalaya dan Garut.

Terkait hal itu Bawaslu Kota Tasikmalaya mengaku menyayangkan sikap pentolan Dewa 19 itu.

“Menyikapi informasi yang kami terima, berkaitan dengan dugaan adanya unsur kampanye di konser Dewa 19 yang dilakukan oleh Ahmad Dhani dengan mengkampanyekan istrinya,

Menurut Plt Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya Tedi Saepudin mengatakan, kami Bawaslu Kota Tasikmalaya menyayangkan hal itu bisa terjadi,” kata Tedi Saepudin didampingi anggota Enceng Fuad Syukron, Djoko Narendro dan Rida Fahlevi, Senin (23/10/2023).

Pihak Bawaslu menyayangkan hal itu karena melanggar tahapan Pemilu, karena saat ini belum masuk masa kampanye. Kegiatan atau bentuk-bentuk kampanye baru bisa dilakukan di masa kampanye sesuai tahapan yakni mulai tanggal 28 November mendatang.

Namun demikian, meski dianggap melanggar tahapan, dalam konteks ini Bawaslu belum bisa melakukan tindakan hukum.

“Kami menyayangkan itu bisa terjadi, walau pun sepertinya spontanitas. Tapi secara ketentuan hukum kita belum bisa masuk ke ranah itu. Karena belum memenuhi syarat dan kami belum memiliki kewenangan,” kata Djoko Narendro.

Ia menambahkan, Bawaslu baru bisa bertindak melakukan penindakan hukum jika sudah masuk di masa kampanye. “Tentunya kami baru bisa bergerak setelah masuk kampanye,” tambah Djoko.

Enceng Fuad menambahkan bakal calon memang dilarang untuk berkampanye, tapi dalam aturan ada celah bagi bakal calon untuk melakukan sosialisasi dan pendidikan politik.

“Kampanye jelas tidak boleh karena belum waktunya, namun memang ada ruang untuk sosialisasi dan melakukan pendidikan politik,” kata Enceng. Dia mengakui ruang inilah yang kerap menjadi celah bagi bakal calon untuk curi start kampanye.

“Tentunya kami berharap agar kejadian seperti itu tak terulang. Lagi pula kan semua masih bakal calon, kampanye nanti ada waktunya,” kata Enceng.

Sebelumnya saat menggelar konser pentolan Dewa 19 pada Sabtu (21/10/2023) malam, dihadapan ribuan penonton Ahmad Dhani mengeluarkan ucapan yang diduga bentuk kampanye untuk istrinya.

“Jangan lupa pilih Gerindra, nomer berapa dia yah?. Istri saya Mulan Jamilaa. Jangan lupa dicoblos ya, biar jadi wakil rakyat yang baik dan berguna untuk rakyat Tasikmalaya dan Garut,” kata Ahmad Dhani. Ucapan itu dia lontarkan di pertengahan pertunjukan, di selap jeda lagu.

(Roy)

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.