HOME REDAKSI CONTACT US PEDOMAN MEDIA SIBER

10 Motor Hasil 2 Kasus Curanmor di Kabupaten Tasikmalaya Berhasil Diamankan Polisi

Views: 30
Read Time:2 Minute, 30 Second

Tasikmalaya detektif.co.id– Ketiga Pelaku Tindak Pidana Pencurian Sepeda Motor telah berhasil diamankan Satreskrim Polres Tasikmalaya dan Polsek Cikalong kab Tasikmalaya selasa (9/03/2021).

Ketiga pelaku yang diamankan adalah Insial, JI (18) dan RN (33) dan satu pelaku residivis curanmor IS (31) asal Kecamatan Cikalong Kab Tasikmalaya,

Mereka beraksi di tiga wilayah kecamatan di Tasikmalaya Selatan (Tasela) di Kecamatan Cipatujah, Cikalong dan Karangnunggal.

Sebanyak 10 unit motor curian berbagai macam merek motor yakni Honda Beat, Honda Supra-X, Yamaha Byson, dan Yamaha Jupiter-MX diamankan untuk dijadikan barang bukti.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Rimsyahtono mengatakan, dua kasus tindak pidana curanmor di wilayah Tasik Selatan (Tasela) berhasil diungkap oleh Satreskrim Polres Tasikmalaya bersama Polsek Cikalong dengan mengamankan tiga orang tersangka beserta barang bukti 10 unit motor curian.

“Dari tiga tersangka ini, satu orang pelaku curanmor merupakan residivis kasus yang sama. Dari pelaku residivis ini kita berhasil amankan tujuh unit motor curian dari tujuh TKP. Sedangkan dari dua pelaku lainnya kita amankan tiga motor dari tiga TKP di wilayah Tasik Selatan,” kata AKBP Rimsyahtono.

Ia memaparkan, Modus pelaku dalam menjalankan aksi pencurian, yaitu mengawasi target sepeda motor yang terparkir di tempat sepi dan garasi rumah yang jauh dari pengawasan pemiliknya dengan menggunakan kunci later-T dan kunci modifikasi.

“Dengan hitungan kurang dari satu menit pelaku sudah bisa memetik satu unit motor yang dicurinya. Para pelaku bergerak cepat dalam melakukan aksinya agar tidak diketahui oleh pemiliknya, para pelaku ini beraksi di wilayah Kecamatan Cikalong, Cipatujah dan Karangnunggal Kab Tasikmalaya,” papar AKBP Rimsyahtono.

Motor hasil curian tersebut, ungkap Rimsyah, dijual oleh para pelaku dengan harga murah kisaran Rp3 juta per unitnya kepada penadah untuk diedarkan di wilayah Tasikmalaya Selatan.

Ia menghimbau, di tengah pandemi Covid-19 ini aksi pencurian sepeda motor cukup sering terjadi dan sangat meresahkan masyarakat. Dengan pengungkapan kasus curanmor ini, lingkungan masyarakat akan aman dan terkendali, kemudian para pelaku akan berpikir ulang untuk melakukan aksinya.

“Upaya kita selain mengungkap dan menangkap para pelaku curanmor, juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk lebih waspada menyimpan kendaraannya, di tempat yang lebih aman,” imbau AKBP Rimsyahtono.

Sementara itu dalam keteranganya Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Hario Prasetyo Seno menambahkan, pelaku diancam pasal 363 KUHPidana dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun penjara.

“Dari hasil pengungkapan kasus curanmor di wilayah Tasik Selatan ini, kita terus kembangkan agar bisa mengungkap kasus-kasus curanmor lainnya yang meresahkan masyarakat, di wilayah hukum Polres Tasikmalaya,” tambah AKP Hario.

Menurut Salah satu pelaku RN (33) mengakui, hasil motor curian dijual lagi dengan harga Rp 3 juta, dan keuntungannya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pelaku Curanmor Residivis IS (31), menuturkan sudah dua kali terlibat kasus tindak pidana curanmor dengan kasus yang sekarang.

“Ketika mencuri motor, saya beli kunci modifikasi mata obeng ketok yang dipipihkan dan disambung dengan kunci later-T dari teman. Kebanyakan mencuri di jalan sepi, sekitar satu menit motor sudah dapat dipetik dengan dibongkar kuncinya,” ungkap IS.

Menurut IS, kebanyakan target pencurian adalah motor Honda Beat yang mudah dijual murah di wilayah Tasikmalaya Selatan (Tasela) dan pasarannya tinggi,” pungkasnya (AR)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Medan Pertempuran Baru Itu Bernama Media Sosial

Sel Mar 9 , 2021
Semarang, detektif.co.id – Pusat Penerangan TNI menggelar Rakornis Penerangan TNI di Aula Balai Wartawan Puspen TNI dibuka oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M. Kegiatan yang juga digelar secara virtual ini diikuti seluruh Pejabat Penerangan jajaran TNI di tempat kerja masing-masing termasuk Kapendam IV/Diponegoro Kolonel […]