Juli 18, 2024

detektif.co.id

Relawan Digital TNI-Polri

Kapolres Pasuruan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2023

2 min read

PASURUAN – Dalam rangka meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, Kapolres Pasuruan AKBP Bayu Pratama Gubunagi, S.H., S.I.K., M.Si. memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Semeru 2023, bertempat di lapangan apel Sarja Arya Racana Polres Pasuruan, Senin (10/07/2023).

Apel tersebut diikuti oleh Wakapolres Pasuruan Kompol Hendry Ferdinand Kennedy, S.H., S.I.K., M.I.K., PJU Polres Pasuruan, para Kapolsek jajaran, Perwira Polres Pasuruan, Personil TNI Kodim 0819 Pasuruan, Dishub Kabupaten Pasuruan, seluruh personil Polri dan ASN Polres Pasuruan.

Selanjutnya, Kapolres Pasuruan membacakan amanat Kapolda Jatim Irjen Pol. Dr. Toni Harmanto, M.H. yang isinya terkait dengan pelaksanaan Operasi Patuh Semeru 2023 yang bertujuan untuk menekan angka kecelakaan dan memberikan edukasi positif kepada warga masyarakat tentang pentingnya kesadaran peraturan tertib berlalu lintas di jalan raya, sehingga angka pelanggaran lalu lintas di jalan bisa berkurang.

AKBP Bayu melanjutkan bahwa saat ini perkembangan Transportasi telah memasuki Era Digital dan Modernisasi, oleh karena itu perlu diimbangi dengan Inovasi dan peningkatan kinerja Polri khususnya Polisi Lalu Lintas (Polantas). Salah satunya dengan mengembangkan penerapan E-Tilang melalui kegiatan Etle dan Incar, berdasarkan Annev Ditlantas Polda Jatim periode Januari – Juni 2023 telah menindak pelanggar sebanyak 1.218.825 (satu juta dua ratus delapan belas ribu delapan ratus dua lima) orang.

“Melihat banyaknya jumlah pelanggaran lalu lintas tersebut menandakan bahwa kesadaran masyarakat tertib berlalu lintas masih rendah. Maka dari itu, Polda Jatim beserta seluruh jajaran dan dibantu Stake Holder terkait akan melaksanakan Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi “Operasi Patuh Semeru 2023” dengan tema “Patuh Dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa”,” imbuhnya.

Operasi tersebut akan digelar selama 14 hari mulai tanggal 10 – 23 Juli 2023 di seluruh wilayah Jawa Timur .

Sebagai penutup, Kapolda Jatim menekankan kepada seluruh personil saat melaksanakan kegiatan Operasi tersebut agar,
1. Selalu memanjatkan Doa kepada tuhan YME sebelum pelaksanaan tugas, untuk memohon perlindungan dan keselamatan.
2. Pedomani Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada dengan mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan. Serta jangan lupa untuk menjaga stamina dan kesehatan fisik serta mental.
3. Hindari tindakan Kontraproduktif yang dapat menurunkan Citra Polri yang mungkin dapat diviralkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, seperti Pungli, bersikap kurang sopan, arogan saat memeriksa masyarakat, dan lain sebagainya.

Kemudian, usai pelaksanaan apel gelar pasukan, Kapolres Pasuruan didampingi Wakapolres Pasuruan melanjutkan kegiatan Latihan Pra Operasi Patuh 2023 di Gedung Tribrata Polres Pasuruan, yang diikuti oleh anggota Satlantas Polres Pasuruan

Kapolres Pasuruan menekankan kepada seluruh personil Satlantas agar selalu menjaga kesehatan dan keselamatan saat melaksanakan Operasi Patuh Semeru 2023.

“Tidak hanya Kesehatan, namun juga Keselamatan menjadi point penting saat pelaksanaan tugas di lapangan para personil semuanya, saya harap Operasi Patuh Semeru 2023 ini bisa berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif sampai akhir,” tutupnya.
Shl/Humas Pol

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.