April 20, 2024

detektif.co.id

Relawan Digital TNI-Polri

Fakultas Hukum UNILA Peringati Hari Anak Nasional 2023

2 min read

Dalam Rangka Memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2023, Fakultas Hukum Universitas Lampung Mengadakan Seminar Nasional Bertajuk Perlindungan Hukum Terhadap Anak yang Berhadapan dengan Hukum.

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2023, Fakultas Hukum Universitas Lampung Mengadakan Seminar Nasional Bertajuk Perlindungan Hukum Terhadap Anak yang Berhadapan dengan Hukum di Auditorium Prof. Abdul Kadir Muhammad, Fakultas Hukum Universitas Lampung. Rabu, 26 Juli 2023

Hari Anak Nasional di peringati setiap bulan Juli tepatnya pada tanggal 23 Juli yang merupakan peringatan tahunan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk menghormati dan mempromosikan hak-hak anak serta memperingati berbagai isu yang berkaitan dengan perlindungan dan kesejahteraan anak-anak di Indonesia.

Tujuan utama peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya melindungi, menghormati, dan memenuhi hak-hak anak. Salah satu aspek penting dalam memperjuangkan hak- hak anak adalah memberikan perhatian khusus kepada anak-anak yang terlibat dalam sistem peradilan pidana. Anak-anak yang terlibat dalam kegiatan kriminal sering kali memerlukan perlindungan, rehabilitasi, dan reintegrasi yang berbeda dengan orang dewasa.

Seminar Nasional Hari Anak ini adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan mengenai perkembangan anak, dan juga mengenai hak dan kewajiban anak di indonesia serta untuk mengetahui sejauh mana hak-hak khusus anak yang berhadapan dengan hukum khususnya anak sebagai pelaku tindak pidana diberikan secara optimal.

Seminar Nasional bertema “Menghadapi Tantangan
Anak yang Berhadapan dengan Hukum dengan Upaya Perlindungan Hak-Hak Khusus Guna Mewujudkan Generasi Emas 2045” ini diisi oleh tiga narasumber yakni Narasumber yang pertama adalah Bapak Drs. Hasto Atmojo, M.Krim yang merupakan Ketua LPSK RI, Kemudian Narasumber yang kedua Bapak Heru Susetyo, S.H.,LL.M.,M.Si.,M.Ag.,P.hD. yang merupakan akademisi Fakultas Hukum Universitas Indonesia, dan Narasumber yang ketiga adalah Ibu Rini Fathonah, S.H.,M.H. yang merupakan akademisi Fakultas Hukum Universitas Lampung.

Materi yang disampaikan oleh ketiga narasumber saling berkaitan dan terkait dengan perlindungan hukum terhadap anak yang berhadapan dengan hukum dengan upaya perlindungan hak-hak khusus yang harusnya didapat seorang anak. Materi yang disampaikan sangat menarik sehingga seluruh peserta dan tamu undangan sangat antusias dalam mendengarkan materi dan bertanya ketika materi telah selesai disampaikan.

Kegiatan Seminar Nasional ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Lampung Bapak Dr. M. Fakih, S.H.,M.S. dan dihadiri oleh beberapa tamu undangan dari Kepolisian Daerah Lampung, Kepolisian Resor Kota Bandar Lampung, Dinas Sosial Kota Bandar Lampung, LPKA Kelas II Bandar Lampung, Bapas Kelas II Bandar Lampung, Dinas PP dan PA Kota Bandar Lampung, Pengadilan Negeri Tanjung Karang, LAdA Damar dan tamu undangan lainnya.

Seminar Nasional ini dihadiri oleh ratusan peserta dari tingkat mahasiswa sampai dengan praktisi hukum, yang hadir secara langsung maupun hadir secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan Streaming YouTube yang telah disediakan.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.