Juli 15, 2024

detektif.co.id

Relawan Digital TNI-Polri

Demi Pemerataan Pembangunan, AWUR Dengan Tegas Minta JLU Dilanjutkan

2 min read

PASURUAN — Pro dan kontra soal isu rencana pembangunan Jalan Lingkar Utara (JLU) masih bergulir, kali ini ratusan massa yang tergabung dalam Aliansihar Warga Utara (AWUR) Kota Pasuruan menggelar aksi damai ke kantor Walikota Pasuruan, Kamis (3/8) pagi.

Massa AWUR bereaksi, lantaran ada pihak lain yang menginginkan agar JLU dihentikan dengan alasan masalah anggaran. Sehingga membuat pihak AWUR harus memberi dukungan kepada Pemerintah Kota Pasuruan, tidak lain demi terlaksananya JLU.

Usai melakukan orasi didepan kantor Walikota Pasuruan, selanjutnya perwakilan AWUR diterima dengan baik serta ditemui langsung oleh Walikota Saifullah Yusuf didampingi Sekda.

Dalam kesempatan itu, ketua umum LSM Gajah Mada Nusantara yaitu Misbahul Munir selaku koordinator AWUR menyampaikan bahwa pihaknya sangat menginginkan supaya proyek pembangunan JLU dilanjutkan.

“Hari ini kita NGO bersama masyarakat wilayah utara yang tergabung dalam AWUR sudah ditemui langsung oleh Walikota Pasuruan dan Alhamdulillah beliau juga menandatangani surat kesepakatan bahwa JLU lanjut dan tidak ada kata berhenti”, kata Misbah, panggilan akrabnya dihadapan sejumlah media.

Diketahui bahwa massa yang tergabung dalam AWUR itu terdiri dari beberapa unsur mulai dari kalangan NGO atau LSM, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan unsur masyarakat lain terutama warga wilayah pantai utara (Pantura).

“Mengharapkan pengembangan wisata, perindustrian dan peningkatan perekonomian warga masyarakat di wilayah timur” ucap Alimudin ketua LSM GEMPAR.

Sementara itu, Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sangat menyambut baik dengan semua usulan dan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat secara umum.

Dan mengakui, bahwa isu yang disampaikan oleh pihak AWUR dianggap sesuai dan sejalan dengan program Pemerintah Kota Pasuruan.

“Pembangunan JLU ini sudah masuk dalam RPJMD, jadi kita berterima kasih malah dengan dukungan seperti ini artinya program kita sesuai dengan keinginan masyarakat setempat terutama dalam rangka pemeratan pembangunan”, ucap Walikota Gus Ipul.

Bahkan, Walikota Gus Ipul mengapresiasi sekaligus berterima kasih atas aspirasi yang yang disampaikan oleh AWUR terkait JLU tentunya demi pemerataan pembangunan.

“Buat saya aneh meskipun kita menghargai kalau ada yang menolak, tapi tetap aspirasi itu kita dengar. Nah untuk yang hari ini datang menyampaikan aspirasi untuk diteruskan dengan ukuran-ukuran yang cukup jelas tentu kita mengapresiasi dan kami berterima kasih”, terangnya.

Lebih lanjut, Gus Ipul juga memaparkan terkait upaya yang sudah dan hingga saat ini telah dilakukan oleh pihak Pemkot bersama DPRD Kota Pasuruan demi tercapainya JLU.

“Proses yang berjalan kurang lebih sudah mencapai tiga puluh persen, doakan saja dan kita punya dana cadangan seperti yang kita sampaikan. Tinggal nambahi sedikit dan saat ini terus dilakukan komunikasi antara kita dengan DPRD juga”, pungkas Walikota Gus Ipul.
(Shl)

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.