April 17, 2024

detektif.co.id

Relawan Digital TNI-Polri

Jelang Pilkades Serentak 2023, Kapolres Pasuruan Gelar Silaturahmi Dan Dialog Kamtibmas

2 min read

PASURUAN – Wujudkan situasi aman dan kondusif saat pelaksanaan Pilkades Serentak 2023, Kapolres Pasuruan AKBP Bayu Pratama Gubunagi, S.H., S.I.K., M.Si. menggelar kegiatan Silaturahmi dan Dialog Kamtibmas menjelang Pilkades Serentak 2023 di wilayah Kecamatan Prigen dan Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

Hadir dalam kegiatan yakni PJU Polres Pasuruan, Kapolsek Prigen, Kapolsek Pandaan, Forkopimca Prigen, Forkopimca Pandaan, Tokoh Masyarakat Prigen, Tokoh Masyarakat Pandaan, dan Bakal Calon Kades wilayah Prigen, serta Bakal Calon Kades wilayah Pandaan. Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Prigen, Kamis, (03/08/2023).

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh yang hadir, dan dilanjutkan sambutan dari Camat Prigen Akhmad Mulyono, dia mengatakan bahwa “dalam kegiatan ini kita turut menghadirkan seluruh Bakal Calon Kades, Pemdes, BPD, panitia Pilkades, dan Forkopimca Prigen, Bapak Kapolres Pasuruan yang terhormat, perlu diketahui bahwa di wilayah Kecamatan Prigen ada 2(dua) Desa yang melaksanakan Pilkades yaitu Desa Dayurejo ada 6(enam) calon dan Desa Watuagung ada 5(lima) calon, sedangkan di Kecamatan Pandaan ada 2(dua) Desa juga yaitu Desa Nogosari ada 6(enam) calon dan Desa Tunggulwulung ada 3 calon,” ucapnya.

Dia menambahkan bahwa Muspika Prigen selalu berkomitmen bersama – sama untuk memelihara harkamtibmas di wilayah Prigen, “seperti pada waktu yang lalu sempat ada beberapa kejadian, namun dapat diredam oleh Muspika dibantu Pemdes,” kata Akhmad Mulyono.

Berikutnya, sambutan oleh Kapolres Pasuruan, “Maksud dari kegiatan ini kami selenggarakan adalah suatu upaya pihak Kepolisian dalam memelihara Kamtibmas menjelang Pilkades Serentak tahun 2023, Kami mengajak semua pihak untuk menjaga stabilitas keamanan agar tetap kondusif, mengingat adanya potensi kerawanan yang dimungkinkan akan terjadi saat pelaksanaannya,” terang Kapolres.

“Kami juga ingin menjaga Bakal Calon Kades agar tidak melakukan pelanggaran selama tahapan Pilkades, silahkan para Bacakades bersaing secara adil dan sehat, saya juga memastikan bahwa seluruh anggota TNI dan Polri bersikap netral dan tidak memihak salah satu Bacakades manapun,” tegasnya.

AKBP Bayu berharap agar seluruh pihak dapat berpartisipasi sebagai penyeimbang serta membantu tugas Kepolisian dalam menjaga Kamtibmas saat pelaksanaan Pilkades Serentak 2023. Dia juga berharap agar Panitia Pilkades juga dapat bekerja secara maksimal serta rutin melakukan sosialisasi agar tidak ada miss komunikasi.

Kemudian sesi tanya jawab, Bacakades Dayurejo Suyatno menanyakan, “Pada tahun ini Cakades akan menunggu atau duduk di mimbar atau di rumah masing – masing?, Dan untuk penghitungan dilakukan di TPS atau Balai Desa?” tanyanya.

Kapolres Pasuruan menjawab, “Sesuai petunjuk tata tertib Pilkades, bahwa Cakades dipajang di TPS Induk dan tidak boleh berkeliling ke TPS lain, sedangkan untuk di TPS lainnya akan dipasangi foto – foto para Cakades. Dan untuk penghitungan langsung dilakukan di masing – masing TPS, lalu seluruh surat suara akan digeser ke Balai Desa,” jawab Kapolres.

Selanjutnya, Bacakades Watuagung Didik Hariyanto juga bertanya, “Jika ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh Bacakades, apa sanksi yang akan diterima?,” ucapnya.

“Pelanggaran yang dilakukan oleh Bacakades akan ditangani langsung oleh DPMD selaku panitia Pilkades di tingkat Kabupaten yang akan dibantu oleh pihak dari TNI, Polri dan Kejaksaan setempat,” tandas AKBP Bayu.
Shl/Humas Pol

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.