Mei 26, 2024

detektif.co.id

Relawan Digital TNI-Polri

Permudah Ujian Praktek SIM C Satlantas Polres Demak Ubah Lintasan Menjadi Huruf S

2 min read

Demak detelktif.co.id – Satlantas Polres Demak, Polda Jawa Tengah mengubah jalur lintasan untuk praktik ujian Surat Izin Mengemudi (SIM) dari 8 menjadi S.

Berubahnya jalur lintasan ujian praktik SIM di Polres Demak ini merupakan perintah langsung dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melalui Korp Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

Kapolres Demak, AKBP Muhammad Purbaya melalui Kanit Regident Satlantas Polres Demak, IPTU Dono Harsoyo menerangkan, mulai berlakunya lintasan S untuk pemohon SIM ini dilakukan guna memudahkan para pengemudi saat ujian.

“Perubahan jalur uji praktek SIM ini guna mendukung program Kapolri dan sebagai bentuk upaya Polres Demak dalam memberikan kemudahan bagi pemohon SIM baru,” ujar IPTU Dono, Selasa (8/8/2023).

Dia menjelaskan, sosialisasi perubahan ujian praktik SIM dilakukan terhadap para tukang ojek wisata Masjid Agung Demak. Kegiatan diisi penjelasan terkait materi ujian praktik SIM terbaru dilanjutkan praktik secara langsung oleh para peserta sosialisasi.

Ia juga mengatakan pada hari ini, Selasa (8/8) melaksanakan sosialisasi pemberlakuan materi ujian praktik SIM terbaru di sekolah maupun kantor pemerintahan. Untuk ujian yang sekarang lapangan sudah berbentuk sirkuit dan banyak perubahan.

“Ada empat ujian dalam sirkuit tersebut yaitu keseimbangan atau pengereman, letter U dan letter S. Yang terakhir uji reaksi,” jelasnya.

Disampaikan Kanit Regident, bahwa ada perubahan ujian praktik SIM yang sebelumnya dengan yang sekarang. Sebelumnya ada ujian zig-zag dan angka delapan, saat ini sudah tidak ada. Tujuannya untuk lebih memudahkan masyarakat, namun tidak menghilangkan faktor keselamatan.

“Konsep ujian praktik ini juga berdasarkan hasil dari survei pimpinan Polri yang melaksanakan studi banding dengan negara-negara tetangga,” ungkapnya.

Selain itu, sosialisasi juga dilakukan kepada masyarakat umum dan pelajar dimana mereka juga akan mengikuti ujian praktik SIM yang sama saat akan melakukan penerbitan SIM C.

Kanit Regident menambahkan bahwa ujian praktik dengan materi terbaru ini akan mulai dilaksanakan pada Senin (7/8). Ke depan akan terus dilakukan sosialisasi kepada masyarakat maupun komunitas otomotif yang lain tentang materi terbaru ujian praktik SIM.

“Kita akan terus lakukan sosialisasi perlunya membuat SIM. Terlebih materi ujian praktik sudah semakin mudah,” terangnya.

Sementara itu, Arif Umar Tukang Ojek Pangkalan wisata di Masjid Agung Demak mengungkapkan bahwa ujian praktik sekarang memudahkannya dalam mendapatkan Surat Izin Mengemudi.

Arif yang mengaku beberapa kali gagal ujian praktik SIM. Namun dengan aturan baru lintasan ujian SIM yang diberlakukan ini, membuat dirinya mampu lulus dan mendapatkan SIM.

“Dulu pernah bikin SiM C dan gagal beberapa kali. Terutama zona zig-zag dan angka 8 itu ujian praktik paling susah,” kata Arif Umar usai ujicoba materi praktik baru di Satpas Polres Demak.

Menurut Arif, kini peserta pembuat SIM tak perlu khawatir. Sebab, materi praktik baru dari materi zig-zag dan angka delapan dirubah menjadi letter U dan dan letter S.

“Ujian praktik SIM yang sekarang ini lebih mudah daripada yang dulu karena sekarang tidak ada angka delapan dan zig-zag serta lintasannya lebih lebar,” pungkasnya.

( Windi)

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.