April 17, 2024

detektif.co.id

Relawan Digital TNI-Polri

Bawaslu Tanjabtim Gelar Rakor Pengawasan Pemilu 2024

2 min read

Tanjabtim,(detektif.co.id)– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) menggelar rapat koordinasi terkait pengawasan pencalonan Presiden serta DPR, DPD dan DPRD.

Acara dibuka langsung ketua Bawaslu Tanjabtim Tarmuzi, S.Pd.I yang juga didampingi 2 Komisioner Bawaslu Sakur Rahman, S.Pd dan Nurdin, SE.

Turut hadir Panwaslu Kecamatan dan Kepala Sekretariat se-kabupaten Tanjabtim serta narasumber yang ditunjuk Bawaslu Tanjabtim Komisioner Bawaslu maupun KPUD periode 2018-2023.

Rapat digelar di hotel Ratu pada Minggu (10/9/2023) dengan mengangkat tema ”Pengelolaan Kehumasan Sebagai Sarana Sosialisasi terkait Peran Bawaslu Dalam Pengawasan Pemilu 2024”.

Dalam sambutannya, Tarmuzi berharap kepada semua Panwascam se-kabupaten agar lebih jeli dan selalu aktif terutama dalam menanggapi laporan masyarakat.

”Untuk semua Panwaslu Kecamatan agar lebih jeli terutama menanggapi laporan-laporan masyarakat terkait pelanggaran pemilu,” kata Tarmuzi.

Selain itu, Tarmuzi juga meminta agar lebih aktif di sekretariat. Menurutnya, dengan aktifnya posko sekretariat tentunya mempermudah masyarakat untuk melaporkan ketika adanya temuan pelanggaran pemilu.

”Jujur, kita tidak ingin melihat sekretariat Panwaslu kecamatan kosong atau tidak berpenghuni. Kita juga nantinya akan selalu memantau tiap-tiap sekretariat se-kabupaten ini,” jelasnya.

Selain keaktifan Panwaslu Kecamatan, Tarmuzi juga meminta peran serta masyarakat yang dibutuhkan dalam pengawasan pelaksanaan pemilu 2024. Ditambahkan Tarmuzi, pada saat penetapan DCS pihaknya mengklaim tidak ada sanggahan ataupun sengketa.

”Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan. Kita juga menghimbau agar masyarakat dapat melaporkan ke sekretariat Panwaslu Kecamatan masing-masing apabila adanya terjadi pelanggaran, dan hal itu dipastikan akan ditindaklanjuti sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” sambung Tarmuzi.

Diakhir sambutannya, Tarmuzi juga mengucapkan terimakasih kepada pimpinan Bawaslu periode 2018-2023 yang telah memberikan dedikasinya selama menjabat.

”Kita ucapkan terima kasih kepada pimpinan Bawaslu 2018-2023 atas dedikasinya selama ini, kita juga berharap pemilu 2024 nanti menciptakan suasana yang adem,” tutup Tarmuzi.(RaJo)

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.