Mei 25, 2024

detektif.co.id

Relawan Digital TNI-Polri

Dua Kota Amal Di Apotek Padayungan Kita Tasikmalaya di Gondol Maling

2 min read

Tasikmalaya detektif.co.id–Dua buah kotak amal di apotek Padayungan Jalan Perintis Kemerdekaan Kota Tasikmalaya digondol maling. Aksi terduga pelaku pencurian ini terekam kamera pengintai atau CCTV.

Pencurian dua kotak amal ini dilakukan dalam dua kali aksi. Pencurian pertama dilakukan pada Senin (25/9) malam sekitar pukul 20.30 WIB. Selang 15 menit kemudian, pelaku datang lagi dan mencuri kotak amal kedua. Modusnya pelaku pura-pura sebagai konsumen apotek tersebut.

Menurut pegawai apotek Padayungan Najah (20) membenarkan, “Iya betul kejadiannya Senin malam kemarin, dua kotak amal yang dicuri. Yang satu kotak amal titipan RT, yang satu lagi titipan pesantren,” kata Najah
Rabu (27/9/2023).

Ia menjelaskan pada malam itu pelaku datang dan menanyakan beberapa barang diantaranya menanyakan alat penguji kehamilan. “Dia datang menanyakan testpack. Tapi gak jelas, gak jadi beli katanya mau ditanyakan dulu,” jelas Najah.

Ia menambahkan, Tak lama berselang pelaku datang lagi, berpura-pura memastikan produk yang akan dibelinya. “Yang kedua kali juga nggak jadi beli, dia pergi begitu saja,

Saat itu Najah dan pegawai lainnya tak menyadari jika orang itu menggondol kotak amal. Posisi kotak amal berada di etalase, sementara pandangan para pegawai ke kotak amal itu terhalang oleh benda-benda lain. “Kotak amal di atas etalase, terhalang. Terus kami juga tak menyadari dia senekat itu sampai kotak amal di maling,” tambah Najah.

Para pegawai baru menyadari kotak amal dicuri setelah ada salah seorang warga menemukan kotak amal yang sudah dibobol tergeletak tak jauh dari apotek.

“Setelah itu baru cek CCTV, ternyata benar terlihat orang yang menanyakan testpack pencurinya,

Dia mengatakan pihak pengurus RT sudah melapor ke polisi terkait aksi pencurian itu. eski belum diketahui berapa nilai uang di dua kotak amal tersebut, tapi menurut Najah jumlahnya cukup lumayan.

“Ya lumayan ada pecahan Rp 50 ribu, Rp 10 ribu sampai koin juga banyak,” kata Najah.

Sementara itu rekaman CCTV menunjukan pelaku pencurian kotak amal itu datang dengan mengendarai sepeda motor matik warna hijau dengan plat nomor terlihat jelas. Pria itu mengenakan jaket hoodie hitam, celana pendek hitam serta mengenakan sandal jepit.

Di aksi pertama dia tampak berinteraksi dengan pegawai, sementara tangan kirinya mengambil kotak amal berbentuk kotak. Dari rekaman CCTV terlihat pegawai tak menyadari hal itu karena kotak amal terhalang barang dagangan yang juga dipajang di atas etalase. Pelaku santai mengambil kotak amal dan menaruhnya di motor, lalu terlihat pamit kepada pegawai.

Aksi kedua juga dia lakukan dengan modus serupa. Dia berpura-pura main ponsel di depan pegawai, usai celingukan melihat situasi, tangan kirinya mengambil kotak amal yang berbentuk seperti kaleng. Sambil berlalu dia terlihat memasukkan kotak amal itu ke saku jaketnya.

(Roy)

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.