Mei 26, 2024

detektif.co.id

Relawan Digital TNI-Polri

Layak Diperhatikan Oleh Pemerintah, Lembaga Bina Prestasi Nusantara Tingkatkan Sumber Daya Manusia

3 min read

detektif.co.id || PELALAWAN Belajar dari pengalaman beberapa bulan yang lalu, pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui Dinas Tenaga Kerja berhasil membuka Pelalawan Job Fair Tahun 2023. Sejumlah perusahaan yang berkedudukan di wilayah Kabupaten Pelalawan ikut berkontribusi membuka lowongan kerja sebanyak-banyaknya. Sesuai arahan Bupati Pelalawan H. Zukri agar perusahaan dapat menunjang pembangunan sumber daya manusia dalam bidang ketenaga kerjaan. Perlu memperhatikan masyarakat sekitar agar dapat memiliki peluang bekerja di perusahaan itu. Tujuannya adalah untuk mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Pelalawan.

Berdasarkan arahan tersebut ratusan peserta Pelalawan Job Fair membawa surat lamaran pekerjaan mereka sesuai bidang yang mereka pilih. Setiap perusahaan telah menyediakan Stand khusus tempat pelayanan pemeriksaan berkas lamaran peserta.

Tentu banyak posisi yang strategis tetapi tidak semua peserta memiliki skill di bidangnya. Untuk itu perlu persiapan dan pelatihan khusus agar kedepan dapat memanfaatkan peluang dari program-program pemerintah terutama dalam bidang ketenaga kerjaan. Memilih dan menempuh proses belajar yang efektif telah disediakan melalui Yayasan Bina Prestasi Pangkalan Kerinci. Berkomitmen untuk menciptakan para calon pelamar kerja dengan memiliki keahlian khusus nantinya.

Perlu penyesuaian terhadap bidang apa yang dibutuhkan, baik perusahaan swasta, pemerintah maupun pada pemilik usaha-usah lokal yang membutuhkan tenaga kerja. Sangat tidak asing lagi pada jaman digitalisasi ini begitu epik sekali untuk mencari tenaga kerja yang mahir mengoperasikan komputer. Jika dilihat sepintas memang sangat mudah untuk menjalankannya. Tetapi setiap waktu ada perubahan berdasarkan kepentingan pemberi lowongan kerja, tentu harus Update tentang peningkatan skill yang di butuhkan. Pastinya tidak hanya sekedar paham tetapi hanya bagi orang memiliki ketrampilan dan terlatih dalam bidangnya.

Seperti yang disampaikan oleh pemilik lembaga bina prestasi nusantara Rusdi, sudah banyak yang mengikuti pelatihan komputer dan semua berhasil menyelesaikan dengan baik sehingga sampai saat ini terus ada peningkatan.

“Mengawali pelatihan ini sejak tahun 2014, dan pada tahun 2016-2017 sempat berhenti. Tetapi tidak pernah putus asa sebab perkiraan setiap tahun peningkatan pencari kerja lebih ramai namun tidak merata memiliki ketrampilan atau kemampuan dalam menjalankan MS. Office. Sehingga banyak yang mencari tempat pelatihan untuk belajar dan sebagian untuk mematangkan bakat yang mereka miliki,” Jelasnya.

“Rata-rata lulusan dari lembaga bina prestasi nusantara telah memiliki pekerjaan dan menikmati hasilnya dengan baik. Tidak sulit bagi mereka mengikuti pelatihan ini. Karena keahlian yang mereka miliki sudah banyak lowongan pekerjaan yang menantikan mereka. Ada beberapa perusahaan yang menerima magang yang kemudian dijadikan sebagai tenaga kerja untuk menjalankan perusahaan dengan baik,” terangnya.

Tempat pelatihan dan fasilitas yang sangat sederhana selalu menjadi asyik dan digunakan semaksimal mungkin. Hal ini merupakan program yang menuai pujian dari masyarakat, Karena Rusdi sendiri merintisnya dari nol hingga sekitar 700 Orang peserta berhasil keluar dari pelatihan dengan membawa ilmu dan menerapkannya dalam dunia kerja masing-masing.

Seharusnya Lembaga ini patut di perhatikan oleh pemerintah Kabupaten Pelalawan untuk meningkatkan sumber daya manusia. Dan memudahkan masyarakat dan anak-anak milenial mendapatkan kemajuan mutu ketrampilan dalam pekerjaannya.

Sementara Rusdi berharap agar kesempatan ini banyak orang memilih untuk mengikuti kursus komputer dan pelatihan magang kerja.

“Kami menerapkan sistim pengetikan 10 jari agar peserta bisa membawa performa yang lebih baik dalam dunia kerjanya.
juga tenaga pengajar merupakan orang-orang yang sangat teliti dan sabar dalam mengarahkan dan menyajikan metode pelatihan skill kursus komputer,” Pungkasnya.

Ada beberapa tahapan yang tersedia dalam pelatihan ini, dengan materi pelatihan multi skill. Jadi peserta didik boleh memilih materi sesuai kebutuhannya.
Sementara Lembaga kursus dan pelatihan Bina Prestasi Nusantara juga telah mendapatkan izin dalam menjalankan kegiatannya sehari-hari. Maka tanpa diragukan lagi, juga jadwal pembelajaran hampir dibuka setiap hari. *IUS* .

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.