Maret 5, 2024

detektif.co.id

Relawan Digital TNI-Polri

Sebarkan Video Hoax Kereta Anjlok, Seorang Pria di Tasikmalaya Diamankan Polisi

1 min read

Tasikmalaya detektif.co.id– Polisi telah mengamankan seorang pria yang menyebar video bernarasi hoaks di Tasikmalaya. Pelaku menyebar video dengan narasi kereta anjlok terjadi di Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya.

Menurut Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya Kota AKP Fetrizal membenarkan, “Penyebar video sudah kami amankan, sementara kita bawa ke Polsek Jamanis,

Namun demikian Fetrizal mengaku belum bisa membeberkan motif pria itu menyebarkan video tersebut. “Motifnya belum, baru sampai, masih didalami dulu,” kata AKP Fetrizal. Selasa (9/1/2024).

Sebelumnya sebuah video yang menarasikan kejadian kereta api anjlok di daerah Ciawi Kabupaten Tasikmalaya mengegerkan warga. Video menampilkan seorang pria yang sedang mengemudi mobil merekam sebuah kereta yang sedang berhenti.

Sepintas kereta memang terlihat miring, kendati setelah diteliti hal itu karena kereta api sedang berhenti di tikungan. “Innalillahi kareta anjlok di Karangasem,” kata si perekam video.

Video itu kemudian menyebar di berbagai platform media sosial dan membuat heboh. Pihak kepolisian sendiri sempat melakukan pengecekan langsung ke lokasi yang berada di pinggir Jalan Raya Ciawi sekitar Desa Pakemitan Kecamatan Ciawi, meski ternyata kabar itu hoaks.

“Itu hoaks, sudah dipastikan. Videonya juga gak tahu kapan, beredarnya sekarang. Saya barusan udah tanya ke pusat pengendali kereta, gak ada kejadian,” kata Humas PT KAI Daops 2 Ayep Hanepi, saat dikonfirmas

Terkait kereta api yang terlihat tak bergerak atau berhenti, padahal bukan di stasiun, menurut Ayep itu hal lumrah. Dia menyebut istilah, kereta sedang tahan sinyal.

“Saat pengambilan video juga itu bukan anjlok, itu tahan sinyal. Dipastikan hoaks ya,” pungkas Ayep.

(Roy)

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.