April 18, 2024

detektif.co.id

Relawan Digital TNI-Polri

TMMD ke 119 Gelar Sosialisasi BPBD tentang Manajemen Resiko Bencana

1 min read

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, dalam kolaborasi dengan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 119 menggelar sosialisasi penting bertema “Manajemen Resiko Bencana” sebagai bagian dari Dharma Bhakti TMMD. Kegiatan ini diarahkan untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana alam, sekaligus mempercepat pembangunan di Desa Kalipang Kab. Pasuruan, Senin (4/3/24).

Kegiatan ini menekankan pentingnya kerjasama dan koordinasi antar lembaga serta antara masyarakat dengan pemerintah dalam upaya pengurangan risiko bencana.

Ibu Sarinah Rostief,S.T., M.M. Kepala Bid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD.dalam sambutannya menyatakan, “Kegiatan ini merupakan langkah konkret dalam membangun ketahanan komunitas terhadap bencana. Dengan pemahaman yang baik tentang manajemen risiko bencana, diharapkan masyarakat dapat lebih cepat bangkit, trimakasih kepada TNI AD yang telah memberikan kesempatan BPBD untuk mengisi sosialisasi di kegiatan TMMD ke 119 di Desa Kalipang sebagai salah satu bentuk kegiatan Non Fisik,”ujarnya.

Pasiter 0819/Pasuruan Lettu Arh Nur Hidayat, Kodim 0819/Pasuruan berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana mencegah dan mengatasi bencana, dengan adanya Program TMMD 119 ini diharapkan upaya yang dilaksanakan seperti pembuatan plengsengan dapat meminimalisir bencana yang dapat berdampak di Desa Kalipang.

Sosialisasi ini mencakup berbagai materi penting, mulai dari pengenalan jenis-jenis bencana yang sering terjadi di Kabupaten Pasuruan, cara-cara mitigasi, hingga langkah-langkah yang harus diambil sebelum, selama, dan setelah bencana terjadi. Salah satu fokus utama adalah membangun sinergi antara program TMMD dengan upaya pengurangan risiko bencana, sehingga pembangunan yang dilakukan dapat berkelanjutan dan tahan bencana.

Shl/Humas Pendim

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.