HOME REDAKSI CONTACT US PEDOMAN MEDIA SIBER

Akibat Penggerakan Tanah, Belasan Rumah Warga di Dusun Cilimus Desa Indragiri Ciamis Rusak Parah

Views: 22
Read Time:1 Minute, 24 Second

Tasikmalaya, detektif.co.id – Peristiwa penggerakan tanah pada Jumat (01/01/2021) lalu sebanyak 22 rumah warga di satu RT yang berada di Dusun Cilimus, Desa Indragiri, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis Jawa barat rusak parah membuat rumah dikosongkan oleh penghuninya dan memilih mengungsi ke rumah kerabat maupun menumpang di bale dusun.

Sebelumnya pada Jumat malaml (1/1/2021), terjadi bencana pergerakan tanah di Dusun Cilimus. Dinding dan lantai rumah warga di sana retak-retak. Bahkan ada lantai yang ambles sedalam 30 centimeter.

Akibat peristiwa bencana ini, warga menjadi ketakutan. Mereka khawatir bencana ini lebih parah lagi.

“Malam hari, anak dan istri numpang tidur di rumah saudara, siang hari, ada warga kembali ke rumah karena ada sejumlah perabotan yang tidak dipindahkan, takut hilang.” Jelas salah seorang warga, Rabu (6/1/2021).

Pasca kejadian Jumat malam itu, warga dusun mengadakan ronda malam secara bergantian. Mereka siaga karena khawatir tanah di kampungnya ambles secara tiba-tiba. Selain bencana susulan, warga juga khawatir rumahnya disatroni maling. Kondisi rumah yang kosong bisa saja dimanfaatkan penjahat.

Menurut warga setempat menceritakan, ia dan warga lainnya kerap was was ketika melihat keadaan rumah di siang hari. karena kayu atap rumah sering berderit menandakan terjadinya pergerakan pada pondasi rumah.

Warga melihat keadaan rumah dari teras, ruang tamu. Saat melihat rumah sering terdengar deritan suara dari atap dan kusen pintu maupun jendela. Itu berarti tanahnya masih bergerak.

Suara retakan lantai keramik yang pecah juga kerap terdengar. Selain itu, lantai yang awalnya rata beberapa jam berikutnya bisa tiba-tiba menyembul seolah terangkat dari bawah.

Lantai rumah di beberapa bagian awalnya tidak rusak. Kini terkelupas, bisa diambil dengan tangan. Sejumlah pintu juga macet, tak bisa masuk ke kusen karena pondasi rumah bergeser. (AR)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kapolsek Cihideung Laksanakan Koordinasi Dengan Kepala Puskemas Kecamatan Cihideung. Terkait Rencana Kedatangan Vaksin Sinovac

Rab Jan 6 , 2021
Tasikmalaya, detektif.co.id – Kapolsek Cihideung Polres Tasikmalaya Kota Kompol H. Zenal Muttaqin melaksanakan koordinasi dengan kepala Puskesmas Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya dr. Siti Hotimah dan dihadiri Camat Cihideung Drs. H. Sony, MSi dan Panit Sabhara. Iptu HM. Suryo. berserta Panit I Intelkam. Ipda Yudi Asmara, Rabu (6/01/2021) bertempat di Puskesmas […]