Dampak Pergerakan Tanah di Gunung Tanjung Tasikmalaya, Puluhan Rumah Warga Rusak

Views: 114
Read Time:1 Minute, 30 Second

Tasikmalaya detektif.co.id– Puluhan rumah terdampak bencana alam pergerakan tanah di Kampung Munjul, Desa Bojongsari, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya.

Puluhan rumah yang terdampak pergerakan tanah tersebut berada di dua dusun yakni dusun Munjul dan dusun Kalangsari.

Menurut keterangan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Nuraedidin mengatakan, penggeraka tanah ini diduga akibat dari tingginya intensitas hujan dalam beberapa terakhir sehingga menyebabkan Tanah menjadi labil.” kata Nuraedidin. Jumat (05/02/2021).

Ia menambahkan, Pergeseran tanah tersebut berjarak sekira 50 centimeter.dan amblas sekitar 3 meter, dengan panjang sekitar 3 kilometer dan membentuk lingkaran.

Dalam peristiwa bencana pergerakan tanah ini puluhan rumah rusak.” Nuraedidin.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0612 Tasikmalaya Letkol Inf. Ary Sutrisno yang mengecek ke lokasi pergeseran tanah di Kecamatan Gunung Tunjung, Kabupaten Tasikmalaya mengatakan, bahwa pihaknya mengimbau agar masyarakat yang terdampak untuk sementara mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Kita imbau untuk mengungsi atau pun meningalkan rumahnya dan menumpang sementara ke rumah saudaranya yang lebih aman.”kata Letkol Inf. Ary Sutrisno.

Ia mengatakan untuk kerusakan rumah yang terdampak masih terus dilakukan oleh pihak BPBD.

Di samping itu, BPBD akan menyiapkan tenda untuk tempat tinggal sementara bagi warga yang mungkin tidak memiliki saudara atau kerabat yang tinggal di dekat rumahnya.

“Di pagi hari bisa mengecek kondisi dan situasi rumahnya dan untuk keamanan harta bendanya masih bisa dipantau oleh pihak keamanan dari Polri dan TNI.

Ia menambahkan, pergeseran tanah yang terjadi ini memang cukup panjang, tapi secara teknis nanti akan dilakukan pengujian dulu oleh tim geologi.

“Kami dan BPBD akan mendorong terus agar tim geologi ini bisa segera turun ke lapangan untuk mengecek, sehingga bisa diketahui apakah lokasi ini masih bisa menjadi huniam masyarakat atau tidak.

Baca Juga :  Penjual Bakso Bakar Ketiban Berkah Dua Kali di Ramadhan 1443 H

“Kalau memang hasilnya tidak layak untuk dihuni, pihak desa sudah menyiapkan lokasi untuk relokasi warga,” pungkas Letkol Inf. Ary Sutrisno. (AR)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Next Post

Dandim Bersama Kapolres Boyolali Coffe Morning dengan Awak Media

Jum Feb 5 , 2021
Boyolali, Detektif.co.id Dalam rangka meningkatkan keakraban dan menjalinan Silaturahmi antara TNI-Polri dengan wartawan dan awak media yang berada di Kabupaten Boyolali Kapolres Boyolali AKBP Morry Ermond, S.I.K., M.T. dan Dandim 0724/Boyolali Letkol Inf Aris Prasaetyo, S.IP.M.I.P., ajak coffee morning di Macchiato coffee, Dukuh Asrikamto, Kelurahan Kiringan, Kecamatan. Boyolali, Kabupaten Boyolali. […]
detektif.co.id