HOME REDAKSI CONTACT US PEDOMAN MEDIA SIBER

Dua Rumah Milik Warga di Salawu Kab Tasikmalaya Rusak parah Akibat Hujan Deras Turun Lebih dari Satu Hari

Views: 38
Read Time:1 Minute, 23 Second

 

Tasikmalaya detektif.co.id– Hujan dengan intensitias sedang hingga tinggi yang mengguyur Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya , Rabu, kemarin (27/10/2021 )

hingga Kamis dinihari (28/10/ 2021). menyebabkan tembok penahan tanah di kampung Cipingku Desa dan Kecamatan Salawu ambrol.

Akibatnya, dua Rumah milik Ali dan Wawan mengalami kerusakan parah di bagian dapur dan dinding . Para penghuninya pun terpaksa mengungsi ke rumah kerabat terdekat.

Ketua FK Tagana Kabupaten Tasikmalaya Jembar Adisetya menuturkan, kejadian bencana ambrolnya tembok penahan tanah itu diakibatkan oleh guyuran air hujan yang deras. “Tanah labil karena lebih dari 12 jam diguyur hujan intensitas sedang hingga tinggi,” tutur Jembar Adisetya.Kamis (28/10/2021).

Ia menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak desa dan BPBD Kabupaten Tasikmalaya untuk langkah pengiriman bantuan tanggap darurat. Sedangkan pembersihan material tanah, akan dilakukan secara goyong royong oleh warga sekitar.”Kita akan gotong rotong membersihkan material tanah yang merusak rumah warga. Saat ini penghuni sudah mengungsi ke rumah kerabat. Alhamdulilah tidak ada korban jiwa maupun luka,” tambah Jembar.

Sementara itu, sebagai langkah antisipasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya juga mengeluarkan beberapa langkah antisipasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana banjir dan longsor.

Di antaranya menyiagakan tim siaga bencana. Tugasnya yakni memantau kondisi terkini di lapangan, koordinasi dengan aparatur desa dan menyiapkan evakuasi.

Langkah berikutnya, menyelamatkan barang penting ke tempat aman, membatasi aktivitas di luar rumah .Jika berada di luar rumah, hindari pohon besar, baligo, dan saluran air atau gorong-gorong.

Langkah lainnya menyiapkan tas siaga yang bisa dipakai untuk menyimpan makanan, minuman, obat, uang, pakaian, dokumen berharga dan lainnya.

Mengevakuasi kelompok rentan dan tidak lupa selalu tetap melakukan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun.

(Roy)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ketua Pokdar Kamtibmas Lukman Muhajir, SH.MH, "Langkah Yang Sangat Luar Biasa Cepat"

Kam Okt 28 , 2021
  SEMARANG – detektif.co.id Ketua Kelompok Sadar Keamanan Ketertiban Masyarakat ( Pokdar Kamtibmas) Jawa Tengah, Lukman Muhajir, SH, MH memberikan tanggapan yang mengejutkan, terhadap penangkapan penjual togel yang dilakukan Unit Resmob Sat Reskrim Polrestabes Semarang. Karena, tanggapan Lukman Muhajir ini sangat berbeda dengan tanggapan beberapa netizen di media sosial yang […]