HOME REDAKSI CONTACT US PEDOMAN MEDIA SIBER

Hayati Situasi Pandemi dalam aturan PPKM, Lewat Pagelaran Karya Seni Tradisi ” Sintren ” dengan Virtual dan jaga Prokes

Views: 216
Read Time:1 Minute, 29 Second

Majalengka, detektif.co.id – Setelah sukses menggelar festival jaga jarak tahun lalu, Sanggar seni tradisi GP Gema Parahiangan, adakan pagelaran, pentas jaga jarak yang ke 2, sore ini minggu, ( 29/8/ 2021).

Gema Parahiyangan kembali melaksanakan kegiatan festival jaga jarak yang je 2 kalinya bertempat di, Desa Ligung, Kecamatan Ligung Kabupaten Majalengka.

Saat membuka Acara, Geri Sukirman pimpinan seni tradisi GP – Gema Parahiangan akrab di sapa Abah Geri, menjelaskan Sejak pandemi covid-19 merebak di Indonesia, khususnya para pekerja seni sangat tidak diberi
ruang dan kesempatan untuk mencari nafkah.

Padahal banyak sekali rakyat Indonesia yang menggantungkan hidupnya dari pentas karya seni.

“Berawal dari kegelisahan sekaligus sebagai bentuk penerjemahan fungsi seni sebagai media refleksi peristiwa hidup serta mencari kemungkinan-kemungkinan lain untuk dapat bertahan hidup maka saya bentuk Festival Jaga Jarak,” katanya.

Misi festival ini adalah mengajak bersama-sama mengikuti saran protokol kesehatan, sembari tetap menjaga kreatifitas, salah satu hasilnya adalah terciptanya APJ (Alat Penjaga Jarak),  salah satu atribut yang harus dipakai oleh siapapun yang hadir dalam festival ini, terangnya.

Lebih lanjut, Geri Sukirman di dampingi Ocky Sandi selaku penggasa festival jaga jarak menuturkan kegiatan Festival virtual ini merefleksikan Pandemi melalui Kerja Seni Tradisi, Memaknai korelasi makna Pertunjukan Sintren dengan peristiwa Pandemi, Menjaga dan melestarikan Seni Tradisi sebagai Identitas dan Alat Pertahanan Budaya serta turut mensosialisasikan pentingnya Protokol Kesehatan di masa pandemi. Pungkasnya.

Sementara itu, Dedeh salah satu warga saat di wawancara awak Media detektif, mengatakan Seni kreatifitas yang ada di dusun Leuwimukti, Desa Ligung kidul kecamatan Ligung, kabupaten Majalengka, berharap menojol dan lebih aktif dan kreatif lagi dari desa-desa lain, hiburan pertunjukan sintren ini sangat mengobati kejenuhan masyarakat.

Kita sebagai masyarakat apalagi dengan pandemi seperti ini pasti haus akan hiburan, ini mungkin salah satu catatan bagi masarakat yang jenuh akan pendemi ini katanya.

Liputan : Dasuki Krisna.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kasat Binmas Polres Majalengka Didampingi Kapolsek Talaga Bentuk Pengurus Dai Kamtibmas Masa Hidmat 2021 - 2026

Ming Agu 29 , 2021
Majalengka, detektif.co.id – Kasat Binmas Polres Majalengka AKP Rudy Djunardi didampingi Kapolsek Talaga AKP Agus Romy Silaturahmi Kamtibmas sekaligus Pembentukan Ketua dan Pengurus Da’i Kamtibmas Masa Hidmat 2021 – 2026, bertempat di aula rumah makan Ibu Jaenal Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka, Minggu (29/8/2021). Silaturahmi Kamtibmas dan Pembentukan Ketua dan Pengurus […]