HOME REDAKSI CONTACT US PEDOMAN MEDIA SIBER

Himbau Warga Antisipasi Pungli, Ini Peran Bhabinkamtibmas Polsek Cikijing

Views: 17
Read Time:1 Minute, 20 Second

Majalengka, detektif co id – Berbagai upaya dalam mengantisipasi pungutan liar (Pungli) terus dilakukan oleh Polda Jabar bersama seluruh jajaran Polres maupun Polsek, kegiatan antisipasi pungli dilakukan mulai dari kantor-kantor pemerintah khususnya yang bersentuhan dengan pelayanan publik, sekolah-sekolah, kantor kelurahan, kantor obyek vital, serta tempat parkir.

 

Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Cikijing Bripka Achmad Supriyono yang melaksanakan sosialisasi terkait satuan tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saberpungli) kepada para tukang parkir bertempat di tempat parkir Bank BNI KCP Cikijing, Kamis, (24/06/2021).

 

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas berharap tidak ada pungutan-pungutan liar yang terjadi lingkungan Bank dan mengajak kepada warga masyarakat untuk selalu proaktif melaporkan jika ada pihak-pihak atau oknum yang melakukan pungli ke pihak Polri agar bisa diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

 

“Pungutan pungutan diluar ketentuan atau disebut dengan Pungli merupakan salah satu pelanggaran hukum, untuk itu diharapkan kepada warga dan pihak yang terkait lainnya untuk bersama-sama mencegah dan memberantas pungli,” tutur Bripka Achmad.

 

“Pada pasal 286 ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) khususnya dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo pada 24 Oktober 2016 telah mengeluarkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor: 180/3935/ SJ tentang Pengawasan Pungutan Liar Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah,” pungkasnya.

 

“Guna untuk mencegah terjadinya pungli kami terus mensosialisasikan serta edukasi mengenai praktek pungli kepada warga masyarakat, khususnya masyarakat yang ada diwilayah Kota Majalengka, agar warga dapat mengetahui dan terhindar dari pungli,” harap Bripka Achmad. (Dadang)

 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

338 Gram Sabu, 104 Pelaku, Dan 86 Kasus Berhasil Diungkap Satresnarkoba Polres Tulungagung

Kam Jun 24 , 2021
Tulungagung, Detektif.co.id – Sat Resnarkoba Polres Tulungagung bersama Polsek Jajaran yang berkomitmen untuk memberantas peredaran narkotika di Kabupaten Tulungagung, dibuktikan dengan wujud nyata. Setidaknya, 86 kasus berhasil diungkap, 54 diungkap Sat Resnarkoba Polres Tulungagung dan 32 kasus diungkap Polsek Jajaran. Tidak tanggung-tanggung, dalam 86 kasus yang diungkap selama periode Januari […]