HOME REDAKSI CONTACT US PEDOMAN MEDIA SIBER

Hujan Deras beberapa hari ini Robohkan 3 Rumah di Kabupaten Ciamis Jawa Barat

Views: 41
Read Time:1 Minute, 37 Second

 

Tasikmalaya detektif.co.id–Hujan deras disertai angin kencang pada Selasa-Rabu (14-15/9/2021) pagi mengakibatkan tiga rumah di Kecamatan Pamarican, Kecamatan Ciamis dan Kecamatan Sadananya rusak.

Hal itu diungkapkan Ketua Tagana Kabupaten Ciamis Ade Waluya kepada awak media, kerusakan rumah disebabkan tertimpa pohon, kemudian ada yang rumahnya sudah lapuk, sehingga rusak ketika ada angin kencang. “Kami sudah data, rumah yang rusak yakni milik Yayan Sutaryana (46), warga Dusun Kertahayu RT/RW 035/009 Desa Kertahayu Kecamatan Pamarican tertima pohon petai yang berada dekat rumahnya,” ungkap Ade Waluya.
Kamis (16/09/2021).

Ia menambahkan, Dari laporan itu langsung tim menuju ke lokasi untuk melakukan evakuasi pohon tumbang. Kami bersama warga aparat desa, kepolisian dan TNI melakukan evakuasi hingga beres siang hari,” tambah Ade Waluya.

Ia menuturkan, menurut keterangan warga dan pemilik rumah, pohon tersebut tumbang pagi-pagi dan langsung menimpa rumah sampai rusak. “Pada saat kejadian hujan dengan angin kencang, pohon langsung tumbang. Beruntung para penghuninya langsung keluar rumah, sehingga tidak ada korban jiwa,” tutur Ade Waluya.

Ia menjelaskan, kejadian kedua rumah ambruk milik Maman (40), warga Dusun Kertahayu RT/RW 01/12 Desa Sindangrasa Kecamatan Ciamis. Rumah korban yang ambruk itu menyisakan sedikit ruang tamu dan kamar.

Pada saat kejadian pemilik rumah sedang berada di sawah tak jauh dari rumahnya. Beruntung anak sulungnya yang sedang berada di rumah berhasil menyelamatkan diri. Menurut korban, rumah itu sudah retak saat ada gempa bumi dan sekarang benar-benar ambruk,” ujar Ade Waluya menjelaskan,

Kemudian, untuk kejadian ketiga ambruknya rumah milik Oyoh (75), warga Dusun Cukang Uncal RT/RW 02/06 Desa Tanjungsari Kecamatan Sadananya. “Kronologis kejadiannya, rumah lapuk karena termakan usia kemudian diterpa hujan angin semalaman, sehingga menyebabkan rumah ambruk,

Ade mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dengan cuaca seperti ini. Karena bencana bisa datang setiap saat, maka dari itu harus selalu meningkatkan kewaspadaannya. Apalagi berbagai bencana bisa terjadi di wilayah Ciamis, mulai dari banjir, tanah longsor dan angin kencang.” pungkasnya.

(ROY)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polsek Kasokandel Monitoring Vaksinasi Gerai Puskesmas Kasokandel

Kam Sep 16 , 2021
Polres Majalengka Detektif co.id,, Demi mendukung program pemerintah tentang vaksinasi untuk warga,Kapolsek kasokandel dsn anggota memantau langaung kegiatan pelaksanaan gerai Presisi vaksinasi Covid-19 untuk pelayanan Publik dan lansia di Puskesmas Kasokandel. Kamis (16/9/2021) Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kapolsek Kasokandel Polres Majalengka IPTU Budi Wardana, mengatakan bahwa kegiatan Vaksinasi […]