HOME REDAKSI CONTACT US PEDOMAN MEDIA SIBER

Jokowi Resmi Cabut Perpres Investasi Miras

Views: 18
Read Time:1 Minute, 6 Second

 

Jakarta detektif.co.id–Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghapus poin dalam Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang mengatur pembukaan investasi industri minuman keras (miras) yang mengandung alkohol. Hal ini disampaikan Presiden dalam keterangan pers di Istana Merdeka, Selasa (02/03/2021) siang siang tadi.

Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerangkan, Saya putuskan, lampiran perpres terkait pembukaan investasi baru dalam industri minuman keras yang mengandung alkohol saya nyatakan dicabut,” kata Jokowi dalam keterangannya.

Ia menyebutkan, keputusan diambil setelah dia mempertimbangkan masukan dari para ulama, termasuk dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammadiyah, NU, dan tokoh agama lain. Pencabutan poin tentang pembukaan investasi miras, kata Presiden, juga mempertimbangkan masukan dari provinsi dan daerah.

Polemik pembukaan investasi miras semakin deras belakangan. Perpres yang di dalamnya berisi soal aturan turunan beragam investasi ini, termasuk minuman keras, ditanggapi kontra berbagai kalangan.

Perpres 10 Tahun 2021 mengatur perinci tentang pembukaan investasi miras. Disebutkan, penanaman modal baru dapat dilakukan pada Provinsi Bali, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Provinsi Sulawesi Utara, dan Provinsi Papua dengan memperhatikan budaya dan kearifan setempat.

Disebutkan juga, penanaman modal di luar wilayah tersebut dapat ditetapkan oleh Kepala BKPM berdasarkan usulan gubernur.

Itu memicu ragam kekhawatiran. Selain dibukanya pintu investasi miras dan frasa ‘budaya dan kearifan setempat’, daerah lain ternyata bisa membuka investasi serupa asal diusulkan gubernur bersangkutan. (red)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PKL Reboan di Area Masjid Agung Minta Pemkot Tasikmalaya Izinkan Lagi Dagang

Sel Mar 2 , 2021
  Tasikmalaya detektif.co.id-Sejumlah pedagang kali lima (PKL) Reboan yang biasa berjualan di seputaran Masjid Agung Kota Tasikmalaya meminta pemerintah Kota Tasikmalaya untuk mengizinkan kembali mereka berdagang. Memang sejak pandemi Covid-19, aktivitas PKL Reboan ditutup oleh pemerintah sebagai antisipasi penyebaran kasus. Para PKL yang berharap izin itu pun melakukan audiensi dengan […]