HOME REDAKSI CONTACT US PEDOMAN MEDIA SIBER

Kades Kota Kandis Menghindar Saat Mau Dikomfirmasi Awak Media, Terkait Kegiatan Di Desanya

Views: 63
Read Time:2 Minute, 23 Second

 

Tanjabtim, (detektif.co.id) – Padat Karya Tunai Desa (PKTD) telah bergulir beberapa tahun terakhir di seluruh Desa se-Indonesia. Namun akan ada yang berbeda di tahun 2021 ini, pasca munculnya Pandemi COVID-19 beserta efek sosial, kesehatan, psikologis, dan ekonomi yang sangat dirasakan oleh Desa.

Padat Karya Tunai Desa kini kian menjadi isu penting untuk memperkuat imun ekonomi di Desa, sekaligus menopang ekonomi Nasional. Karena itulah para pemangku di Desa harus siap mengemban tugas Mulia ini. Pemerintah kita telah mengambil langkah dengan menetapkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021. Salah satu poin utamanya adalah mengatur Prioritas Penggunaan Dana Desa secara swakelola dengan skema program Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Ini seolah memberi isyarat bahwa Desa bisa membalikan situasi, Desa harus bangkit, bukan saja Bangkit dari krisis kesehatan, tapi juga Bangkit dari krisis ekonomi!

Tapi hal ini seperti nya tidak berlaku untuk Desa Kota Kandis Kecamatan Dendang Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi, seperti salah satu item pekerjaan jalan usaha tani(JUT), yang sedang berlangsung saat ini, tepat nya di depan kantor Desa Kota Kandis Dendang.

Salah satu pekerja saat di komfirmasi di lokasi pekerjaan menyebutkan, bahwa pekerjaan itu sudah berjalan sekitar setengah bulan, dengan panjang 400m dan lebar 1,5m dan pekerja bertiga. Selasa, (07/09/2021).
‘’ kami disini selaku pemborong, di borongkan lima puluh ribu permeter nya (50.000), kami kerja hanya bertiga hampir setengah bulanan lah.’’ Jelasnya.

Ia juga menyebutkan bahwa pekerjaan ini disuruh langsung oleh pak Kepala Desa (Imam Barokah-red), tidak melalui TPK, sesuai Juknis penggunaan Dana Desa yang terpampang di Papan informasi kegiatan.
‘’ karena ini di borongkan, saya ajak kawan juga gak ada, saya kurang tau TPK nya, saya disini orang baru.’’ Paparnya.

Tentu ini sangat mengankangi Petunjuk Teknis atau Juknis Padat Karya Tunai Desa (PKTD) Tahun 2021 secara regulatif diatur melalui Permendes No 13 Tahun 2020. Ada beberapa ketentuan yang diatur dalam peraturan tersebut. Diantaranya bahwa penggunaan Dana Desa (DD) diutamakan atau diprioritaskan untuk dilaksanakan dengan pola Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

Untuk keobjektivan sebuah pemberitaan, awak media pun melakukan komfirmasi ke pihak Desa, tapi sangat di sayangkan kantor Desa sudah tutup, padahal waktu baru menunjukan pukul 13:46 wib.

Upaya komfirmasi pun di lanjutkan ke kediaman sang kepala Desa Kota Kandis (Imam Barokah), tapi sang kades menghindar saat di datangi ke rumah nya.

Terpisah, Tamrin Selaku TPK saat dikomfirmasi di kediaman nya, memberikan penjelasan yang berbeda dengan apa yang di sampaikan oleh pekerja atau pemborong pekerjaan.
‘’ itu di HOK kan (Harian Orang Kerja), kadang anu nya, kadang, kadang ado yang HOK, kadang ado di brongkan, dak mesti, ‘’ jelas TPK dengan gelagat yang gugup.
Setiap pertanyaan yang di lontarkan oleh awak media ini, TPK lebih banyak menjawab, dengan jawaban “ KADANG-KADANG”.
Hingga berita ini diterbitkan, belum ada keterangan yang jelas dari kepala Desa Kota Kandis.(Rano)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jalin Silaturahmi dan Bangun Komunikasi, Kapolres Majalengka Kunjungi Tokoh Masyarakat

Rab Sep 8 , 2021
Majalengka,detektif.co.id – Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi yang baru menjabat di Majalengka terus menjalin silaturahmi dan membangun komunikasi ke berbagai lapisan masyarakat diantaranya dengan melakukan kunjungan ke tokoh Masyarakat sekaligus memperkenalkan diri. Kunjungan Kapolres Majalengka ke tokoh masyarakat bertempat di Desa Liangjulang Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka, disambut hangat oleh H. […]