HOME REDAKSI CONTACT US PEDOMAN MEDIA SIBER

Kades Rajadatu Cineam Tasikmalaya Diamankan Polisi Lantaran Korupsi Dana Desa dan Bantuan APBD

Views: 35
Read Time:1 Minute, 9 Second

Tasikmalaya, detektif.co.id–Satreskrim Polresta Tasikmalaya mengamankan Kepala desa (Kades) Rajadatu Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya, kepala desa berinisal YS, diamankan lantaran diduga telah melakukan tindak pidana korupsi dana desa bantuan APBD kabupaten Tasikmalaya tahun 2018.

Dalam dugaan tindak pidana korupsi tersebut menyebabkan kerugian Negara sebesar Rp.256 Juta,

Menurut Kapolresta Tasikmalaya AKBP Doni Hermawan, mengatakan,Jadi dana desa senialai Rp.794 juta dan bantuan APBD kabupaten Tasikmalaya senilai Rp.500 juta di korupsi tersangka sebesar Rp 256 juta,”kata kapolres. Rabu (24/02/2021).

Ia menambahkan, terungkapnya dugaan tindak pidana korupsi dana desa dan bantuan APBD Kabupaten Tasikmalaya tahun 2018 tersebut berkat laporan dari masyarakat. Pihaknya kemudian melakukan penyelidikan dan setelah adanya cukup bukti akhirnya mengamankan tersangka.

“Dari barang bukti yang kita amankan sudah cukup kuat untuk menetapkan YS sebagai tersangka,” tambah kapolres.

Ia menjelaskan, modus tersangka yakni dengan melakukan pencairan dana desa bersama bendahara, karena dana desa berada direkening desa sehingga pencairannya harus bersama bendahara. Namun, setelah dana desa dicairkan malah digunakan oleh tersangka YS untuk kepentingan pribadi.

“Barang bukti yang diamankan berupa dokumen-dokumen bukti pencairan, berkas laporan pertanggungjawaban, dan berkas-berkas lainnya. Untuk uang tunai yang diduga dikorupsi kades tersebut sudah habis digunakan untuk kepentingan pribadi,

pihaknya sudah berkoordinasi denga pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tasikmalaya dan berkas perkaranya sudah dinyatakan P21 atau lengkap.

“Hari ini kita limpahkan ke Kejaksaan Negeri Kota Tasikmalaya,” pungkas kapolres. (AR)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dikunjungi Sandiaga, Kapolri Bahas Penguatan 5 Destinasi Super Prioritas 

Rab Feb 24 , 2021
Jakarta, detektif.co.id—Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bahwa pertemuanya dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno membahas bagaimana menguatkan kembali lima destinasi super prioritas yang ada di Indonesia usai terdampak pandemi Covid-19 ini. Saat ini terdapat 34 juta masyarakat yang bergantung kepada sektor pariwisata. “Tadi kita berdiskusi untuk mensinergikan […]