HOME REDAKSI CONTACT US PEDOMAN MEDIA SIBER

Kapolresta Tasikmalaya AKBP Doni Hermawan Berikan Tips Anti Curanmor

Views: 17
Read Time:1 Minute, 56 Second

Tasikmalaya detektif.co.id–Sepeda motor menjadi salah satu kendaraan yang banyak digunakan untuk mendukung aktivitas dalam bekerja maupun aktivitas lainnya sehari-hari.

Bagi sebagian orang, memiliki kendaraan bermotor mungkin menjadi sebuah impian agar bisa membantu menjalankan segala aktivitas. Kendati memiliki uang pas-pasan, orang-orang ingin memiliki kendaraan roda 2 dengan harga murah meski motor tersebut merupakan motor tanpa surat-surat atau motor bodong hasil curian.

Di sisi lain, dengan semakin banyaknya kehilangan sepeda motor, pihak produsen sepeda motor terus meningkatkan sisi keamanannya. Mereka terus berinovasi melahirkan sistem keamanan terbarukan agar sepeda motor menjadi susah untuk dicuri.

Namun, para komplotan pencuri kendaraan bermotor (curanmor) pun tidak menyerah begitu saja. Mereka terus memperkaya pengetahuannya dengan mencari kelemahan pada sistem keamanan sepeda motor terbaru.

Dalam aksinya, para komplotan curanmor hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit untuk bisa menjebol kunci kontak dan membawa kabur motor curian. Pelaku curanmor akan memilih kendaraan yang bisa dicuri dengan cepat dan mengindari kendaraan yang memiliki sistem pengamanan yang rumit karena membutuhkan waktu lama.

Menurut Kapolresta Tasikmalaya AKBP Doni Hermawan mengatakan, Para pelaku ini terus meningkatkan kemampuan dan skill-nya. Mereka mencari-cari kelemahan pada sistem keamanan sepeda motor. Nah ini perlu diwaspadai oleh masyarakat,” kata Kapolresta Tasikmalaya Jumat (5/3/2021).

Ia pun memberikan beberapa tips anti curanmor yang mungkin bisa memproteksi sepeda motor dari sasaran para komplotan curanmor.

1. Pasang Kunci Rahasia

Dengan memasang tambahan kunci pengaman berupa kunci rahasia, akan merepotkan pelaku karena meski kunci kontak dijebol mesin kendaraan tidak akan menyala saat distarter.

2. Memasang Alarm

Pemasangan alarm pada kendaraan bermotor juga bisa membuat kaget si pelaku, di mana saat kunci kontak berhasil dijebol akan memicu alarm berbunyi.

3. Pemasangan Kunci Ganda

Penambahan kunci ganda berupa gembok pada kendaraan untuk mencegah roda berputar juga dinilai cukup mujarab. Roda kendaraan tidak akan berputar dan tentunya bisa merepotkan si pelaku.

4. Kunci Stang Ke Kanan

Kebanyakan orang mengunci stang sepeda motornya ke arah kiri. Hal itu memberikan ruang lebih bebas ke pelaku curanmor untuk menjebol kunci kontak dengan kunci letter T dan Astag. Namun, jika dalam posisi diparkir dikunci stang ke arah kanan, itu akan mempersempit ruang gerak pelaku dalam menjebol kunci kontak.

Ia berharap, dengan tips anti maling motor kasus pencurian sepeda motor di Kota Tasikmalaya bisa ditekan dan kendaraan roda 2 masyarakat bisa aman dari incaran pelaku curanmor. pungkasnya (AR)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Mayjen TNI Rudianto Resmi Pegang Tampuk Pimpinan Kodam IV/Diponegoro

Sab Mar 6 , 2021
Semarang – detektif.co.id – Pimpinan tertinggi Kodam IV Diponegoro resmi diserahterimakan. Jabatan Pangdam IV/Diponegoro kini diemban oleh Mayjen TNI Rudianto yang sebelumnya menjabat Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam. Sementara itu Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si. mendapatkan kepercayaan menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad). Rangkaian tradisi […]