Kapolsek Sengah Temila Hadiri Upacara Adat Istiadat Pantang (Lala) Binua

Views: 90
Read Time:1 Minute, 24 Second

SENGAH TEMILA – Tepatnya di Panyugu Dusun Pate Desa Saham Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak telah dilaksanakan kegiatan Ritual Adat Istiadat berpantang (lala) Binua. Jum’at, (28/05/2021)

Dalam kegiatan ritual tersebut hadir Camat Sengah Temila Ericanes Panjuga., Kapolsek Sengah Temila Ipda Yulianus Van Chanel., Ketua Dewan Adat Dayak Sengah Temila Albinus Indarto., Dewan Adat Dayak Kecamatan Ngabang., Kades Saham Musmulyadi., Timanggong Binua Samahung Raya FX. Iloei., Pengurus Adat Dusun Pate., Pemuda Dusun Pate., dan Masyarakat Sekitar

Kegiatan Ritual Adat Nabok Panyugu ini guna melaksanakan Pembukaan Adat Pantang (Balala) yang akan di laksanakan oleh Masyarakat Desa Saham Selama 3 hari, mulai tanggal 28 hingga 30 Mei 2021.

Ketua Dewan Adat Dayak Sengah Temila Albinus Indarto yang akrab di panggil Beben mengatakan barang siapa yang melanggar akan di berikan sangsi adat, sesuai dengan adat istiadat pantang (lala) Binua.

Selain itu, Albinus Indarto juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Desa Saham agar dapat mematuhi ritual Adat istiadat berpantang seperti bersiul, berkelahi, membunuh hewan, berjualan daging maupun sayur mayur, dan menebang pohon” imbau Beben.

Dalam kegiatan tersebut Kapolsek Sengah Temila Ipda Yulianus Van Chanel mengatakan Bahwa kegiatan Adat istiadat berpantang (lala) untuk Desa Saham dilaksanakan setiap Tahun guna meminta kepada jubata agar di berikan keselamatan dan kesehatan serta untuk pencegahan wabah Covid-19

Selain itu, Kapolsek juga berharap kepada warga masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan yang melanggar hukum selama masa berpantang” harap kapolsek

“Jangan sampai ada yang merusak serta mengotori kegiatan adat istiadat yang sakral tersebut dengan melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan orang banyak”

Baca Juga :  Tidak Kenal Lelah, Sat Lantas Polres Majalengka, Salurkan Bansos Kepada Warga Terdamapak PPKM

“Mari kita lestarikan dan menjunjung tinggi Adat istiadat Pantang (lala) binua ini yang sudah ada sejak dari nenek moyang kita” kata Kapolsek Ipda Yulianus Van Chanel.Humas Polsek Sengah Temila.(Sabirin)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Next Post

Wujud kepedulian Polda Sumut 300 Tokoh Lintas Agama Mendapat Vaksin

Jum Mei 28 , 2021
Medan – Dalam upaya pemulihan kesehatan nasional yang telah di canangkan pemerintah maka Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara terus mempercepat proses vaksinasi Covid-19 dan kali ini Polda Sumut melakukan vaksinasi kepada 300 Tokoh Lintas Agama bertempat di Aula Tribata Mapolda Sumut. Dir Binmas Polda Sumut, Kombes Pol Sofyan Hidayat dalam […]
detektif.co.id