Komplotan Bocah Belasan Tahun Curi Buku Sekolah di SDN 2 Tugujaya Kota Tasikmalaya

Views: 90
Read Time:2 Minute, 2 Second

Tasikmalaya, detektif.co.id — 11 bocah SD dan SMP di Kota Tasikmalaya diamankan Polsek Cihideung Polresta Tasikmalaya lantaran melakukan aksi pencurian buku paket sekolah di SDN 2 Tugujaya, Jalan Mayor SL Tobing, Kelurahan Tugujaya, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Rabu kemarin (17/2/2021).

Kapolsek Cihideung Kompol Zenal Muttaqin membenarkan , buku paket sekolah yang dicuri oleh komplotan bocah belasan tahun di SDN 2 Tugujaya, Jalan Mayor SL Tobing, Kelurahan Tuguraja, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, jumlahnya mencapai 1,5 kuintal.

Para pelaku mencuri buku-buku paket untuk kelas 1 dan 2 Pencurian buku dilakukan sebanyak 3 kali dengan cara bersama-sama. Mereka memiliki peran masing-masing, ada yang betugas mengambil buku di sekolah dan menjualnya ke tukang rongsok atau buku bekas.

Jadi buku-buku hasil curian itu dijual ke tukang rongsok. Hasil pencurian pertama buku para pelaku mendapatkan uang sebesar Rp50.000, pencurian buku ke-2 sebesar Rp150. 000, dan pencurian buku ke-3 sebesar Rp400.000, sehingga totalnya Rp600. 000,” kata kapolsek Kamis (18/02/2021).

Ia menambahkan, buku hasil curian dijual per kilogram dengan harga Rp 2.500 per kilogram-nya. Uang hasil penjualan buku dibagi-bagi kepada semua pelaku.

“Uangnya dipakai untuk main game online di warnet, tambah kapolsek.

Ia menuturkan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap para pelaku dan memanggil para orang tuanya. Lantaran usia para pelaku masih di bawah umur sehingga permasalahan ini akan dimusyawarahkan dengan pihak sekolah.

“Kami juga panggil pihak sekolah untuk menyelesaikan permasalahan ini. Karena pelaku ini masih anak-anak, kami akan berikan pembinaan terhadap anak-anak dan para orang tuanya, dan membuat surat pernyataan untuk tidak melakukan perbuatan yang sama.” tutur kapolsek.

Sebelumnya, sebanyak 11 bocah SD dan SMP di Kota Tasikmalaya diamankan Polsek Cihideung Polresta Tasikmalaya lantaran melakukan aksi pencurian buku paket sekolah di SDN 2 Tugujaya, Jalan Mayor SL Tobing, Kelurahan Tugujaya, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Rabu kemarin (17/02/2021).

Baca Juga :  Ditreskrimsus Polda Jatim Bekuk 4 Orang Penyebar Ujaran Kebencian Terhadap Menkopolhukam

Kapolsek Kompol Zenal Muttaqin Menjelaskan, aksi pencurian buku paket di SDN 2 Tugujaya terjadi pada Minggu (14/2/2021). Mereka masuk ke lingkungan sekolah dan masuk ruangan sekolah melalui jendela.

“Kami mendapat laporan dari masyarakat ada anak-anak yang tertangkap warga lantaran mencuri buku sekolah. Ada 4 orang yang telah diamankan oleh warga,

semula pelaku yang diamankan hanya 4 orang. Namun, dari hasil pemeriksaan dan pengembangan kasusnya, dapat diamankan kembali sebanyak 7 orang sehingga jumlahnya menjadi 11 orang.

“Semuanya diamankan tadi malam. Usia para pelaku ini masih belasan tahun dan berstatus pelajar SD dan SMP,” pungkas kapolsek. (AR)

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Next Post

16 Tersangka Perjudian Berhasil Dibekuk Ditreskrimum Polda Jateng di 7 TKP

Kam Feb 18 , 2021
SEMARANG – detektif.co.id  – Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jateng dalam kurung waktu 1,5 bulan, sejak tanggal 1 Januari 2021 sampai dengan 15 Februrari 2021 berhasil mengamankan 16 tersangka beserta barang bukti tindak pidana perjudian yang terjadi di wilayah hukum Polda Jateng dengan 2 judi jenis Hongkong, 2 Cap Jie […]
detektif.co.id