Melalui Komsos Yonif Raider 300/Bjw Memberikan Inovatif Wirausaha Milenial Kepada Generasi Muda Yang Berwawasan Kebangsaan

Views: 12
Read Time:2 Minute, 35 Second

Cianjur- Yonif Raider 300/Bjw menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Komponen Masyarakat Semester II Tahun 2022 dengan mengundang organisasi pemuda Karang Taruna Kab. Cianjur. Selasa (20/09/2022)

Hal tersebut yang di sampaikan Komandan Batalyon Infanteri Raider 300/Bjw, Mayor Inf Afri Swandi Ritonga S.I.P dalam release tertulisnya di Kabupaten Cianjur, Rabu (21/09/2022)

Kegiatan dengan tema “Generasi Muda Sebagai Wirausaha Milenial Inovatif Berwawasan Kebangsaan” tersebut dihadiri oleh Komandan Yonif Raider 300/Bjw (Mayor Inf Afri Swandi Ritonga), Pasi Intel Yonif Raider 300/Bjw (Letda Inf Tri Widodo), Ketua Karang Taruna Kab. Cianjur (Bpk. Mudrikah S.Ag) beserta jajarannya sebanyak 70 orang dengan mengundang Narasumber dari Dinas Koperasi, UMKM dan Industri Kabupaten Cianjur (Bpk. Bobby S.E dan Ibu Ria Gustinawati, SH) yang memberikan materi terkait pengembangan dan badan hukum dalam kewirausahaan

Komandan Yonif Raider 300/Bjw dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan komunikasi sosial dengan komponen masyarakat ini merupakan salah satu dari metode Binter TNI AD dan juga merupakan program kerja dari komando atas yang dilaksanakan oleh Satuan.

Dijelaskan bahwa melalui kegiatan ini TNI AD Khususnya Kodam III Siliwangi menjalin hubungan komunikasi dengan komponen masyarakat lainnya dengan tujuan untuk bersama-sama dalam hal meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya Kab. Cianjur dan juga bagaimana masyarakat memahami akan peran dan tugas TNI khususnya dalam peran TNI pada operasi militer selain perang sesuai dengan Undang-Undang 34 Tahun 2004.

“Sehingga pada kesempatan ini juga kita mengundang salah satu narasumber untuk memberikan materi tentang bagaimana melaksanakan wirausaha sehingga memahami dan dapat memotivasi masyarakat untuk bagaimana melaksanakan suatu wirausaha” Jelas Mayor Inf Afri Swandi Ritonga.

Baca Juga :  Bagikan Ribuan Sembako, Kapolri Titip Pesan Buruh Tetap Jaga Prokes

Kemudian pada kesempatan itu Pasi Intel juga memberikan Sosialisasi tentang kebijakan TNI AD bidang Teritorial tahun 2022 dan memberikan materi tentang Wawasan Kebangsaan, Kebhinekaan dan gotong royong sebagai jati diri dalam kehidupan bermasyarakat.

“TNI bersama masyarakat harus tetap memelihara dan menjaga Kesatuan dan Persatuan bangsa di era kekinian” jelasnya.

Sementara itu, Nara sumber dari Dinas Koperasi, UMKM dan Industri Kabupaten Cianjur, Bobby S.E menyampaikan bahwa terkait dengan kegiatan ini sangat bermanfaat sekali karena kita memberikan motivasi, inspirasi kepada semua masyarakat dan juga keluarga kita khususnya pemuda yang membutuhkan informasi yang ada hubungannya dengan dinas perdagangan dan perindustrian.

“Harapannya dengan adanya kegiatan ini masyarakat dapat mengetahui, memahami tentang kewirausahaan sehingga terjadi perubahan dalam arti adanya peningkatan ekonomi dalam keluarga maupun dalam lingkungan sekitar” Ujar Boby.

Selanjutnya diuraikan bahwa kewirausahaan merupakan usaha untuk menciptakan nilai lewat pengakuan terhadap peluang bisnis, manajemen pengambilan resiko sesuai dengan peluang yang ada, dan lewat keterampilan komunikasi dan manajemen untuk memobilisir manusia, keuangan dan sumber daya yang diperlukan untuk membawa sebuah proyek sampai berhasil.

Kewirausahaan adalah sebuah proses menciptakan sesuatu agar bisa bernilai tambah dalam bidang ekonomi. Mandiri dalam berwirausaha untuk menciptakan kegiatan dengan mengerahkan tenaga dan pikiran untuk mencapai suatu maksud.

“Seseorang yang mau berwirausaha adalah seseorang yang mau mengambil resiko, menyukai tantangan dan mewujudkan harapan orang lain dengan menggunakan skill dan kemampuannya untuk membangun ekonomi keluarga” Jelas dia.

Selanjutnya pada kesempatan itu Bobby S.E memberikan beberapa materi terkait kewirausahaan diantaranya prinsip-prinsip untuk menjadi wirausaha serta karakteristik sebagai seorang wirausaha atau pengusaha yang berhasil.

 

( Tim Detektif )

Baca Juga :  Kapolres Blitar Kota Buka Kejuaraan Karate Antar Pelajar TNI Polri Se- Jatim
Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%

Next Post

Kabaintekam Polri Berikan Pembekalan Kepada Siswa SIP Angkatan 51 Tahun 2022

Rab Sep 21 , 2022
  Detektif.co.id || Sukabumi – Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si berikan ceramah pembekalan kepada siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan 51 T.A. 2022, pada Rabu (21/09/2022). Bertempat di Auditorium Anton Sujarwo Setukpa Lemdiklat Polri, Kabaintelkam Polri menyampaikan ceramah pembekalan dengan tema peran Intelijen […]
detektif.co.id