HOME REDAKSI CONTACT US PEDOMAN MEDIA SIBER

Polisi Tangkap Pelaku Pemalsu Website Bansos PPKM Darurat, Pelaku Raup Keuntungan Rp.1,5 Miliar

Views: 36
Read Time:1 Minute, 24 Second

Tasikmalaya, detektif.co.id–Polda Metro Jaya melalui Direktorat Kriminal Khusus berhasil mengungkap kasus pemalsuan terkait bantuan sosial PPKM Darurat.

Pemalsuan tersebut secara spesifik yakni adanya website atau situs internet yang berisi ajakan untuk mendaftar sebagai penerima bansos PPKM Darurat.

Satu orang berinisial S ditetapkan sebagai tersangka setelah Kementerian Sosial melaporkan hal tersebut ke Polda Metro Jaya.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, “Websitenya cukup banyak dan akun-akunnya yang ada, berhasil mengerucut kepada satu tersangka RR ini,” kata Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Senin (19/07/2021).

Ia menerangkan, tersangka sudah melakukan aksinya sejak November 2020 dan berhasil meraup keuntungan ratusan juta rupiah. menyebut dari mana sumber keuntungan tersebut.

“Rupanya keuntungan yang diambil dari sini setiap bulan itu dia masukkan iklan di website tersebut.

“Minimal dua iklan di satu website yang ada. Dari kedua iklan ini, dia bisa meraup sekitar Rp200 juta,” terang Kombes Yusri Yunus.

Ia.menjelaskan, Jika dikalkulasikan sejak November hingga waktu terakhir tersangka ditangkap, insial RR telah meraup keuntungan senilai Rp1,5 miliar yang bersumber dari iklan yang dia peroleh di website palsunya.

“Sementara dari teman-teman Kemensos tidak pernah membuka (pendaftaran bansos PPKM Darurat),” jelas Kombes Yusri Yunus.

Ia mengatakan pihaknya masih terus mendalami kasus ini, sebab bukan tidak mungkin masih ada pelaku lain metode dan jenis serupa kasus pemalsuan bansos PPKM Darurat.

“Kami akan cek rekeningnya, karena semuanya masuk rekeningnya.

“Dia pakai logo Kemensos dan kesannya seperti bahwa yang menyebarkan ini dari Kemensos untuk bantuan sosial di masa pandemi Covid-19 ini,” pungkas Kombes Yusri Yunus.

Atas perbuatannya tersebut, tersangka RR dijerat Pasal 35 jo Pasal 51 UU ITE dengan ancaman 12 tahun penjara.    (humas polda metro jaya )

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polres Kendal Serahkan Hewan Qurban Kepada Yayasan Pondok Abu Bakar dan Yayasan Ulul Albab Kecamatan Weleri Kendal

Sen Jul 19 , 2021
  Kendal – detektif.co.id – Penyerahan Bantuan Hewan Qurban berupa Kambing dalam rangka Peringatan Hari Raya Idul Adha 1442 H Tahun 2021 dari Polres Kendal yang diserahkan oleh Waka Polres Kendal dan Kasat Intelkam kepada Pengurus Yayasan Pondok Abu Bakar dan Pengurus Yayasan Ulul Albab Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal senin […]