HOME REDAKSI CONTACT US PEDOMAN MEDIA SIBER

Program P3A  Balai Wilayah Sungai Sumatera Enam Di Kota Kandis Dendang, Jadi Ajang Proyek Sang Penguasa Desa

Views: 143
Read Time:2 Minute, 17 Second

 

Tanjabtim.(detektif.co.id) – Perkumpulan petani pemakai Air ( p3A ) adalah  diperuntukan  untuk  semua para petani yang mendapat nikmat dan manfaat baik langsung maupun tidak langsung dari pengelolaan air dan jaringan irigasi yang meliputi pemilik sawah , penggarap sawah, pemilik kolam ikan  yang mendapat air dari jaringan irigasi dan pemakai air irigasi tersier lainnya. Dalam p3a pun ada aturan RAB dan juklak serta juknis nya dalam pembngunan irigasi tersier  yang dilaksanakan oleh kelompok tani yang tergabung dalam p3a.

Namun sangat berbeda halnya dengan kelompok tani Hidup Baru yang beralamat di Desa kota Kandis Dendang (KKD), Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (tanjabtim) Provinsi Jambi.

pembangunan irigasi yang dilaksanakan oleh kelompok Tani P3A Hidup Baru tersebut dilaksanakan Oleh Kepala Desa serta Istri sendiri, yang mana
Purnomo selaku ketua kelompok tani menyebutkan, Pada kegiatan (P3A) tersebut, Siti Marwah menjadi bendahara dan Kades (IMam Barokah-red) selaku sekertaris di kelompok tani tersebut dan ketua kelompok tani Hanya sebagai pekerja saja dan tidak sebagai pelaksana Kegiatan P3A, saat awak media menyambangi di kediamannya (15/09/2021).

” Maaf bang kalau mau tanya tanya tentang kegiatan (P3A) itu tanya langsung sama pak kades saja, takut nya saya salah jawab,” ujar Purnomo.

Masih kata Purnomo,” Untuk kegiatan pengagalian irigasi itu setahu saya kedalaman nya 60cm dan lebar 60cm, 60cmx60cm dan di hargai kepada anggota kelompok tani yang bekerja dari lima belas ribu sampai tujuh belas ribu permeter (Rp 15.000-17.000/meter),
Dan untuk data siapa-siapa yang pekerja nya tanya langsung sama pak Kades dan buk Kades, karena pak Kades dan buk Kades sebagai Bendahara dan Sekretaris P3A,” jelasnya.

Untuk mengetahui lebih dalam, upaya komfirmasi pun berlanjut ke pendamping kegiatan (TPM), Wisnu (pendamping-red).
Wisnu membenarkan hal tersebut.

“iya bang, benar untuk  bendahara Program p3A Siti Marwa istri pak Kades Kota Kandis Dendang.” Terang nya beberapa hari silam.

Sementara itu Bendahara P3A kelompok tani Hidup Baru Siti Marwah, juga istri orang no 1 di Desa Kota Kandis (istri Kades) saat di komfirmasi via pesan singkat whatsApp mengatakan.

” Maaf bang saya kurang faham,” balas nya singkat.

Senada dengan dengan Kepala Desa Kota Kandis, Imam Barokah, sang suami Siti marwah,.

” Sudah selesai, dan itu urusan orang PU provinsi  atau balai Sumatera, lebih jelasnya tanya saja ke sana, kami Pemdes dan P3A hanya menjalankan amanat, dan sudah sangat senang dapat bantuan itu,” ungkap Kades via pesan singkat whatsApp.

Saat di singgung terkait ia terlibat sebagai Sekretaris kelompok tani Hidup Baru, sang Kades bungkam seribu bahasa.

Untuk diketahui, Program P3A Anggaran dari (APBN) tersebut sebesar Rp.195.000.000. Dengan tahun anggaran 2021, di peruntukkan untuk Perkumpulan petani pemakai air (P3A) dengan cara swakelola/HOK oleh petani,
Tapi sangat di sayangkan di Desa Kota Kandis Dendang ini di duga menjadi ajang proyek sang penguasa Desa. (Rano).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Guna Tertibnya Prokes, Polres Majalengka Kembali Awasi Prokes di Empat Perusahaan Pabrik

Jum Sep 24 , 2021
Majalengka,detektif.co.id – Satgas Gugus Tugas Covid-19 Polres Majalengka kembali melakukan pengecekan ke empat Pabrik di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Jumat (24/9/2021). Kali ini, pengecekan protokol kesehatan menyasar PT. Citra Dimensi Arthali Kecamatan, PT. Pancaragan Toyindo Wilayah Kecamatan Palasah, PT. Kharisma Indah Bestari dan PT. Wintai Garment Wilayah Kecamatan Sumberjaya Kabupaten […]