HOME REDAKSI CONTACT US PEDOMAN MEDIA SIBER

Waspada Pencurian Modus Ganjal Kartu ATM di Kota Tasikmalaya

Views: 18
Read Time:1 Minute, 37 Second

Tasikmalaya detektif.co.id–Pencurian uang nasabah dengan modus ganjal kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) berhasil diungkap Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota.

3 tersangka dari 4 komplotan pencurian uang tersebut kini diamankan di Mapolres Tasikmalaya Kota.

Menurut Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan mengatakan, kendati sudah ada komplotan pencurian uang dengan modus ganjal kartu ATM yang telah diamankan, tapi masih ada pelaku-pelaku lainnya yang berkeliaran di luaran sana.

“Satu orang tersangka ND masih buron. Sekarang masuk daftar pencarian orang atau DPO,” kata AKBP Doni Hermawan,jumat (16/04/2021).

Kapolres meminta masyarakat tetap waspada dan berhati-hati dengan modus kejahatan ganjal kartu ATM tersebut. Pada saat kartu ATM tidak bisa keluar atau tertelan usai bertransaksi, warga diminta supaya tidak panik.

Kalau ada yang menawarkan bantuan jangan mudah percaya seolah-olah berniat untuk membantu padahal dia adalah pelaku.

Di situ pelaku memanfaatkan situasi untuk untuk menukar kartu ATM yang asli dengan yang palsu, kemudian pelaku lainnya mengingat nomor PIN dari nasabah.

“Jangan cepat panik bila kartu ATM tertelan apalagi di lokasi ATM yang sepi. Segera melapor ke kami atau pihak perbankan,” tegas AKBP Doni Hermawan.

Ia menuturkan, ada beberapa alat yang memang digunakan pelaku untuk mengganjal kartu ATM korbannya. Kali ini yang berhasil diamankan adalah kelompok yang menggunakan tusuk gigi.

“Beberapa waktu memang ada kejadian pembobolan mesin ATM, kami temuikan plastik di lubang kartu ATM yang diduga digunakan untuk mengganjal kartu ATM,” tutur AKBP Doni Hermawan.

Ia menambahkan, dalam kasus pencurian uang dengan modus ganjal kartu ATM tersebut, pihaknya memgamankan sedikitnya 89 buah kartu ATM para korban dan satu kartu ATM pelaku yang sudah dimodifikasi ukurannya lebih kecil dari biasanya.

“Kami juga menyita 2 unit HP pelaku, pisau Cutter, spidol, satu boks tusuk gigi, kalung emas, cincin emas, satu unit televisi, pakaian hasil pembelian, dan satu unit mobil Toyota Sigra sebagai barang bukti,

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 363 KUH Pidana tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman 7 tahun penjara,” pungkas AKBP Doni Hermawan. (AR)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Setubuhi Siswi di Hotel Pemuda Warga Imbanagara Ciamis Berhasil Diringkus Polisi

Jum Apr 16 , 2021
  Tasikmalaya detektif.co.id–Pemuda Berinisial AY (22) warga desa lmbanagara Kecamatan Ciamis jawa Barat, berhasil diamankan Satuan Reserse Kriminal Polres Ciamis, Pemuda ini terlibat perkara dugaan tindak pidana persetubuhan atau pencabulan terhadap seorang perempuan di bawah umur, berinisial PA. PA diketahui berusia 16 tahun dan masih berstatus sebagai seorang pelajar. Kapolres […]